Tips Cara Membersihkan Band Apple Watch Sesuai Bahannya

Teknologi – Apakah Apple Watch kamu kotor atau berubah warna? Tenang Kamu bisa coba cara mudah membersihkan band Apple Watch berikut ini.

Barang apapun saat masi hbaru pasti akan terlihat bersih dan mulus, Tapi kalau sudah lama di pakai pasti akan berubah warna kotor dan bau, Hal ini juga berlaku untuk perangkat elektronik seperti Apple Watch.

Juika Apple Watch milik kalian terutama talinya mulai kotor kini saatnya kalian membersihkannya, Caranya mudah kok yaitu dengan melepaskan tali Apple Watch lebih dulu, Tapi pastikan kalian membersihkan tali Apple Watch dengan benar supaya tidak rusak, Dari pada salah metode, Kali ini saya akan berbagi tips cara membersihkan band Apple Watch yang benar.

Cara Membersihkan Band Apple Watch :

Band atau tali Apple Watch tersedia dalam berbagai bahan setiap bahan memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda, Namun apapun bahannya kalian perlu melakukan tips dasar berikut ini.

1. Lepaskan tali Apple Watch kalian lebih dulu.
2. Seka tali jam menggunakan kain kering, tidak berbulu dan non-abrasive (kain kacamata).
3. Seka tali jam dengan Alkohol 70% (opsional).

Membersihkan Tali Berbahan Fluoroelastomer :

Bahan fluoroelastomer diklaim sangat awat dan tahan keringat, Walaupun begitu jika tali berbahan ini jarang di bersihkan maka lama-kelamaan mereka akan kotor dan usang.

Untuk membersihkan tali berbahan ini kalian bisa memakai air hangat dan sabun lembut, Kemudian seka tali sampai bersih menggunakan kain lembut dengan air larutan sabun.

Membersihkan Tali Berbahan Karet Silikon :

Tali ini punya karakteristik lebih elastis dan tahan lama. Berbeda dengan tali fluoroelastomer yang harus diseka pakai kain, tali karet silikon justru bisa dicuci langsung. Kalian dapat mencuci tali ini langsung pakai air hangat dan sabun tangan yang lembut.

Membersihkan Tali Berbahan Benang dan Nilon :

Sekilas tali jenis ini sangat kuat dan udah dibersihkan, kebanyakan orang pun tergoda untuk menggosok tali ini memakai sikat yang lembut.

Tapi hati-hati, cara ini justru bisa membuat tali benang atau pun nilon berjumbai alias berantakan. Cara membersihkan tali berbahan ini yaitu memakai kain non-abrasif yang direndam dengan air hangat.

Karena nilon dan benang menyerap banyak cairan, keringkan tali secara menyeluruh setelah dibersihkan (untuk menghindari bau tak sedap). Kalian bisa pakai kipas angin atau pengering rambut, supaya proses pengeringan cepat selesai.

Membersihkan Tali Berbahan Kulit :

Tali kulit tidak tahan dengan air, kalau lama kena air kulit Apple Watch bisa mengelupas dan warnanya cepat memudar.

Untuk membersihkan tali kulit kalian bisa pakai milk clenser (Krim Pembersih Muka), Kemudian usap tali memakai kapas atau kain lembut.

Saat mengeringkan tali kulit, Hati-Hati jauhkan tali dari sinar langsung lebih baik biarkan tali kering dengan sendiri di suhu normal dengan begitu warna tali tidak akan cepat pudar.

Membersihkan Tali Berbahan Logam :

Kalian bisa menggunakan air sabun hangat untuk membersihkan tali logam. Namun berhati-hatilah saat mengeringkan tali berbahan logam.

Tali logam Apple Watch tidak tahan air. Selain itu, air dapat merembes ke celah sambungan logam. Jika dibiarkan, tali akan cepat berkarat. Maka dari itu, pastikan kalian mengeringkan tali dengan sempurna ya.

Membersihkan Tali Berbahan Kayu :

Beberapa pengguna Apple Watch ada yang suka menggunakan tali berbahan kayu. Alasannya supaya terlihat lebih klasik dan elegan. Lalu bagaimana cara membersihkan tali berbahan kayu?

Kalau kayunya sudah dipernis, kalian bisa membersihkan tali dengan air sabun hangat. Tapi kalau belum dilapisi pernis, gunakan kain lembab untuk mengusap seluruh bagian tali.

Setelah tali bersih, keringkan tali dengan hati-hati. Agar tali kering sempurna, kalian bisa menggunakan kipas angin atau pengering rambut.

Itu tadi tips membersihkan tali Apple Watch. Selain membersihkan Apple Watch, baca juga cara menghemat baterai Apple Watch supaya awet.