Spesifikasi Chipset MediaTek MT6893 6nm Sudah Bocor di Internet

Teknologi – Kabarnya MediaTek disebut-sebut sedang menggarap chipset terbaru dengan teknologi proses 6nm.

Adalah SoC MT6893 yang hingga saat ini belum resmi meluncur, namun sebagian spesifikasinya sudah bocor di internet.

Awal pekan ini , MediaTek telah ,enggoda banyak orang bahwa mereka akan segera menghadirkan chipset 6nm terbarunya, pabrikan chipset mobile yang berbasis di Taiwan tersebut mengungkapkan bahwa itu adalah platform premium yang menampilkan Core Cortex-A78 dengan clock speed 3,0 GHz.

Saat itu, MediaTek belum mengkonfirmasi nama akhir dari chipset tersebut, begitu juga detail spesifkasinya. Namun, informasi yang datang dari pembocor andal asal Cina telah berbagi spesifikasi chipset MT6893, yang memang belum diumumkan oleh MediaTek.

Satu hal yang menarik, chipset yang sama juga muncul di platform benchmarking Geekbench. Besar kemungkinan, ini bisa jadi chipset yang sama yang akan segera diluncurkan oleh MediaTek. Bocoran tersebut mengungkapkan bahwa MediaTek MT6893 adalah SoC Octa-core.

Geekbench 4 Score :

Konfigurasi CPU-nya mencakup inti Cortex-A78 tunggal yang bekerja pada clock speed 2,8 GHz, tiga inti Cortex-A78 yang bekerja pada clock speed 2,6 GHz, dan empat inti Cortex-A55 yang bekerja pada clock speed 2,0 GHz. Chipset ini juga dikatakan akan dilengkapi dengan GPU Mali-G77 MC9 untuk menangani grafis.

Jika diperhatikan, spesifikasi tersebut menunjukkan bahwa MT6893 akan menawarkan kinerja yang lebih baik daripada chipset Dimensity 1000+. Bocoran informan lainnya menyebutkan bahwa frekuaensi MT6893 sama dengan Exynos 1080 yang resmi diluncrkan oleh Samsung awal pekan ini.

Seperti yang disebutkan di atas, chipset premium MediaTek yang akan datang ini dapat memiliki clock speed hingga 3,0 GHz. Jadi, mungkin saja ada dua versi chipset atau frekuensinya bisa ditingkatkan menjadi 3,0 GHz saat diluncurkan nanti.

Sementara itu, daftar Geekbench mencatat bahwa SoC MT6893 telah mencetak skor 4.108 dalam pengujian single-core. Dalam pengujan multi-core, skor yang dihasilkan mencapai 11.204 poin. Daftar tersebut tampaknya milik perangkat pengujian yang dilengkapi RAM 8 GB dan Android 11. Frekuensi dasar SoC disebutkan sebagai 2,0 GHz.

Lantas, kapan chipset ini akan secara resmi diluncurkan oleh MediaTek? Tak sedikit yang berharap bahwa MediaTek MT6893 akan resmi meluncur sebelum akhir tahun ini. Perusahaan asal Taiwan tersebut juga dikabarkan sedang mengerjakan chipset lain yang memiliki nomor model MT6891.

Dalam berita terkait, MediaTek baru-baru ini telah mengumumkan chipset kelas menengah Dimensity 700, Bersama dengan itu, perusahaan juga merilis MT8192 7nm dan MT8195 6nm untuk Chromebook yang akan datang dengan spedifikasi kelas atas.