Saingi TikTok, Snapchat Sekarang Memiliki Fitur Musik

Teknologi Media – Snap telah menepati janjinya, dengan menghadirkan fitur musik kedalam platformnya. Fitur ini membuat platform Snapchat ingin bersaing lebih dengan aplikasi TikTok dan Instagram.

Perusahan menginformasikan bahwa pengguna iOS di seluruh dunia akan bisa memasukkan musik popular ke dalam foto mereka. Tetapi, fitur terbaru ini masih bergulir secara terbatas untuk pengguna di Selandia Baru dan Australia, dilangsir dari laman The Verge, Kamis (15/10/2020).

Perusahan juga mengatakan bahwa fitur ini akan memberikan para pengguna untuk membuat suara mereka sendiri, namun fitur baru ini akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Berdeda dengan Aplikasi TikTok, Snap masih tidak mempunyai umpan yang dapat mendorong konton music viral, seperti tarian ataupun meme kepada para pengguna. Perusahaan malah berfokus pada kemitraannya dengan berbagai penerbit besar dan jejaring sosial yang lebih erat bagi para pengguna, seperti halnya Spotify.

Saat pengguna menerima snap dengan suara, mereka bisa menggesernya ke atas untuk melihat seni album, judul lagu serta nama artis pada suara yang digunakan. Mereka juga bisa mengetuk tautan Mainkan Lagu Ini untuk bisa mendengarkan lagu lengkap pada platform streaming lainnya, yaitu Spotify, Apple Music, dan juga SoundCloud.

Snap juga mengklaim dimana katalog musiknya sebagai kuat dan terkurasi. Perusahan juga mengatakan kesepakatan lisensinya mencakup pada lagu dari Warner Music Group, Universal Music Publishing Group, Werner Chappell Music, BMG Music Publishing, dan sebagainya. Walaupun demikian, Snapchat tidak mengatakan dengan pasti terhadap fitur ini tersedia pada perangkat Android.