Google Rilis Night Mode Untuk Smartphone Android Go

Teknologi Handphone – Google dilaporkan akan merilis night mode dan HDR untuk smartphone Android Go. Untuk tahap awal, Night mode hadir terlebih dahulu.

Night Mode ini akan hadir pertama dan sudah meluncur untuk Nokia 1.3, Wiko Y61 dan Y81. Setelah itu, akan lebih banyak smartphone yang mendapatkan fitur serupa.

Dengan adanya night mode, itu dapat membuat ponsel dapat mengambil foto secara berurutan tanpa flash, dan menggabungkan menjadi satu foto yang lebih tajam.

Sementara HDR akan ditambahkan ke aplikasi Camera Go pada akhir tahun ini. Kemampuannya mungkin tidak akan sebanding dengan HDR+ pada smartphone Pixel, tapi pembaruan ini akan membuat hasil kamera menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Selanjutnya, Google membentuk sebuah tim keamanan khusus Android. Tim ini bertugas untuk menemukan kerentanan di aplikasi-aplikasi sensitif yang ada di Google Play Store.

Google saat ini membuka lowongan bagi ahli keamanan untuk bergabung dalam tim khusus Android ini. Tim ini nantinya akan mengidentifikasi kerentanan dan memberikan panduan perbaikan kepada pengembang aplikasi yang terdampak.

Menurut Software Engineering Manager untuk Google Play Protect, Sebastian Porst, aplikasi yang difokuskan oleh tim ini adalah pelacakan kontak Covid-19 serta aplikasi yang berhubungan dengan pemilihan umum.

Tim ini akan menindaklanjuti pekerjaan yang dilakukan oleh peneliti keamanan dalam program bug bounty Google. Program ini terbatas pada aplikasi yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Langkah Google ini pun mendapatkan tanggapan positif dari analis mobile malware di perusahaan keamanan ESET, Lukas Stefanko.

“Ini merupakan langkah yang bagus. Menemukan masalah keamanan dengan dampak serius tidaklah mudah dan membutuhkan waktu serta pengalaman yang banyak,” tutur Stefanko.