Geekbench Ungkap Skor Performa Pada iPhone 12

Teknologi Handphone – Apple baru saja mengumumkan jajaran smartphone terbarunya yaitu iPhone12. Dimana sekarang performa yang terdapat dalam smartphone terbaru ini sudah berhasil diungkapkan oleh Geekbench.

Dengan hasil score benchmark yang dimiliki oleh iPhone 12, ponsel ini menjadi salah satu perangkat yang cukup diminati, terlebih lagi Apple belum mengungkapkan secara tuntas akan performa yang terdapat pada smartphone terbaru ini sebagai penerus iPhone 11. Untuk itu, Geekbench saat ini diisi dengan banyak daftar yang membahas smartphone iPhone terbaru ini, termasuk kapasitas RAM dan apa saja yang dapat dilakukan oleh chipset terbaru mereka yaitu A14 Bionic dalam lingkungan perbandingan sintetis.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Apple berjanji dimana chipset A14 Bionic adalah milik iPhone 12 yang mempunyai performa CPU 40% lebih tinggi dibandingkan dengan seri A12, sementara untuk Graphic Prosessor Unit (GPU) mengalami peningkatan sebesar 30% dibandingkan seri A12. Akan tetapi chipset A14 Bionic ini tidak mempunyai peningkatan skor yang signifikan dengan generasi sebelumnya yaitu A13 Bionic.

Berdasarkan laman GSMarena, Sabtu (17/10/2020), hasil uji Benchmark pada Geekbench mengatakan iPhone 12 yang menggunakan RAM 4GB ini mendapatkan nilai di 1.588 poin pada kinerja single core dan untuk pengujian kinerja multi core smartphone ini mendapatkan 3.677 poin.

Lebih lanjut, pengujian tersebut mengasumsikan bahwa iPhone 12 mini juga mempunyai kapasitas RAM 4GB. Sementara pada iPhone 12 lainnya yang menggunakan kapasitas RAM 6GB, diasumsikan terdapat pada iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max. Dimana skor yang diterima pada pengujian single core pada perangkat ini adalah 1.590 poin dan pengujian multi core pada skor 3.881 poin.

Secara keseluruhan, perangkat iPhone 12 Series ini berhasil mencatatkan pengujian single-core pada kisaran skor 1.580 dan 1.598 poin dan untuk multi-core pada kisaran skor 3.800 sampai 4.002 poin.

Dibandingkan dengan skor yang terdapat pada chipset A13 Bionic Geekbench tahun lalu, iPhone terbaru ini memberikan peningkatan kurang dari 20% dalam kinerja single core dan hanya memberikan sekitar 8% dalam pengujian multi core. Berdasarkan angka yang dihasilkan dari Geekbench diatas, perangkat dengan chipset A14 Bionic ini lebih mengutamakan penghematan daya dibadingkan dengan peningkatan kinerja inti.