BMW Rilis New R 1250 RT, Membawa Banyak Fitur Canggih

Teknologi Motor – BMW Motorrad masih mempunyai banyak amunisi motor baru untuk menyegarkan pasar otomotif di tengah pandemi virus corona. Produsen motor asal Jerman ini setelah menerbitkan seri GS edisi ulang tahun ke 40, kali ini kembali merilis BMW New R 1250 RT.

Mesin boxer dua silinder dengan tenaga kubikasi 1.254 cc masih setia menemani seri terbaru BMW ini, dimana mesin ini memiliki tenaga output sebesar 136 dk dengan tenaga torsi 143 Nm. Dan dibeberapa negara, mesin boxer dua silinder ini sudah memenuhi regulasi Euro5.

Mesin yang digunakan pada motor ini juga sudah diusung teknologi BMW Shiftcam, yang dapat memvariasikan waktu buka dan tutup katup pada intake, sehingga tenaga pada motor ini akan terus terisi di setiap rentang rpmnya.

Peningkatan Fitur

Produsen asal Jerman ini juga memberikan sejumlah peningkatan fitur pada seri BMW New R 1250 RT, walaupun secara penampilan motor ini tidak mengalami banyak perubahan dari desain model sebelumnya.

Termasuk pada bagian depan, dimana bagian ini telah mendapatkan opsi Adaptive Turning Light pada lampu utama LED. Adanya teknologi ini, membuat sorotan cahaya yang dihasilkan dari lampu depan ini mengikuti arah setang, baik saat melakukan belokan atau jalan lurus.

Ke depannya, teknologi ini juga akan disusupkan BMW Motorrad pada seri-seri lainnya untuk mendapatkan fitur lainnya di masa depan, seperti fungsi Welcome, Goodbye, sampai Follow me home.

Pengembangan fitur lainnya seperti berkendara menggunakan mode eco juga sedang dilakukan oleh BMW Motorrad, dimana fitur ini menjadi peranti standar untuk sekarang ini. Dimana fitur eco ini akan memberikan efisiensi bahan bakar bagi para pengendara.

Selain itu, pada seri BMW New R 1250 RT Adventure mendapatkan fitur tambahan yaitu Pro Riding Modes. Dimana terdapat komponen baru yang diletakkan pada motor ini, yaitu MSR, fitur ini akan memberikan kestabilan roda belakang pada motor saat terjadinya slip akibat pengeraman berlebih, atau pada saat penurunan gear yang dilakukan secara mendadak.

BMW juga memberikan fitur Full Integral ABS Pro yang sekarang menjadi salah satu peranti standar. Dimana pada saat pengendara menarik tuas rem tangan dan kaki, fitur ini akan mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan.

BMW Motorrad juga memasang layar berukuran 10,25 inci pada BMW New R 1250 RT yang terintegrasi dengan peta navigasi. Bahkan layar ini juga dapat terkoneksi dengan smartphone pengguna. Dan menjadi fitur navigasi pertama untuk cluster instrument pada seri R 1250 RT.

Pada seri BMW New R 1250 RT, selain menghadirkan varian warna dasar Alpine White 3, juga memberikan varian Style yang memberikan tampilan lebih sempurna dalam balutan tipe Elegance, Sport serta Option 719.

BMW New R 1250 RT dibanderol dengan harga 18.862 euro pada pasar Jerman, atau sekitar Rp 330 juta (kurs 17.500).