BMW R 18 Classic Diluncurkan, Usung Cita Rasa Motor Jadul

Teknologi Motor – BMW R 18 yang dirilis baru-baru ini oleh BMW Motorrad sudah harus memiliki varian terbaru, yaitu BMW R 18 Classic. Dimana moga dengan gaya cruiser ini mendapatkan sejumlah asesoris yang membantu kegiatan touring.

Desain serta karakteri dari BMW R 18 dan varian baru R 18 Classic dihadirkan mirip dengan sang legenda BMW R5, yang eksis di era tahun 1936-1937. Dengan berlabelkan First Edition, kedua moge ini dirancang dengan memadukan teknologi saat ini dengan tampilan bergaya lawas.

Dalam siaran pers, BMW Motorrad mengatakan secara desain, moge BMW R 18 dan R 18 Classic memberikan tampilan style ikonik masa lampau hingga memasuki era modern saat ini. Walaupun memadukan keduanya, desain murni pada era kejayaannya tetap dipertahankan di berbagai detail.

BMW Motorrad juga telah berhasil menyatukan elemen fungsional dengan style, yaitu rangka double-loop, tangka tear-drop, penggerak garden terbuka, serta balutan cat yang dipadukan dengan stripping putih ganda.

Untuk bagian rangka belakang yang terdapat pada BMW R 18 dan R18 Classic dapat dibongkar pasang dengan mudah. Bahkan, penutup kepala silinder dan penutup blok mesin juga didesain sedemikian rupa supaya dapat memperlihatkan ruang oilnya, sehingga memberikan kemudahan saat menggantinya.

Jika dilihat secara visual, tidak ada yang berubah pada seri BMW R 18 Classic dengan seri BMW R 18 Reguler. Adapun hanya tambahan peranti windshield besar yang berfungsi sebagai penghalau terpaan angina ke wajah.

Setelah itu, tersedia jok untuk penumpang, tas samping berbahan kulit, terdapat tambahan pada lampu depan LED, dan juga roda depan dengan diameter 16 inci. Untuk windshield, jok penumpang dan juga tas samping dapat di bongkar pasang sesuai dengan kebutuhan para pengendara.

BMW R 18 Classic juga di klaim memberikan rasa nyaman saat dikendarai. Dan posisi footrest juga terletak tapat di belakang silinder mesin, yang merupakan ciri khas dari lini model BMW.

Balutan warna hitam yang mendominasi plus warna putih, dipadu dengan aksen krom pada beberapa komponen dan juga pemberikan emblem First Edition pada penutup samping pada motor ini, menunjukkan tampilan eksklusif tanpa menghilangkan sisi lawasnya.

Mesin Big Boxer dua silinder dengan kapasitas murni berkapasitas 1.802 cc masih terpasang pada performa motor ini, dan memberikan tenaga sebesar 91 dk pada 4740 rpm dengan torsi tertinggi 150 Nm pada rentang putaran 2000 – 4000 rpm.

BMW Motorrad juga memberikan tiga mode berkendara pada BMW R 18 Classic yaitu berkendara standar Rain, Roll, dan Rock. Tidak hanya itu saja, dalam seri ini juga masih terdapat tambahan yaitu fitur Automatic Stability Control, MSR dan Hill Start Control, yang memberikan kemudahan saat berhenti di tanjakan. Sebagai peranti standar motor ini juga menyediakan Electronic Cruise Control.

Pada pasar Jerman, seri BMW R 18 Classic dijual dengan harga 22.225 euro atau setara dengan Rp 388,9 juta (kurs 17.500).