Fitur NFC di Vivo X50 Series Multifungsi, Apa Saja Keunggulannya?

Teknologi Handphone – Penggunaan smartphone kini semakin fungsional dengan banyaknya inovasi teknologi terbaru yang semakin memudahkan penggunanya dalam aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali berkat hadirnya fitur seperti NFC (Near-field Communication).

Berkat NFC, pengiriman data jadi lebih mudah. Saat ini fitur tersebut juga digunakan untuk transaksi pembayaran non tunai. Salah satu smartphone yang memiliki fitur tersebut adalah Vivo X50 Series. Namun di X50 Series, Vivo menyebut fitur NFC mereka memiliki banyak fungsi (multifungsi). Karena alasan itu mereka menamakan fitur tersebut dengan sebutan NFC Multifunctions.

Hadie Mandala selaku Product Manager Vivo Indonesia menerangkan bahwa fitur NFC Multifunctions yang dimiliki oleh Vivo X50 Series adalah hasil dari pengembangan teknologi NFC yang tak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran saja, namun bisa menjadi kartu akses sekaligus pembayaran transportasi, asalkan enkripsi kartu dapat membacanya.

Menurutnya, fitur NFC Multifunctions di Vivo X50 Series lebih dari sekadar NFC biasa. NFC dilengkapi dengan chip multi fungsi yang terintegrasi, sehingga dapat membaca, mengelola dan menyimpan berbagai kartu yang dapat digunakan sebagai kartu akses, pembayaran tanpa kontak dan transfer data yang lebih cepat.

Selain itu, NFC Multifunctions juga telah melalui berbagai uji keamanan dan mendapatkan sertifikasi untuk memastikan keamanan unduhan data melalui Trusted Service Manager (TSM) untuk melindungi semua data yang dimiliki konsumen. Jadi fitur ini aman digunakan tanpa khawatir terkena ancaman cyber.

Dibandingkan dengan teknologi bluetooth, cara kerja fitur NFC Multifunctions pada Vivo X50 Series juga tidak perlu dipasangkan secara manual. NFC dapat diaktifkan secara otomatis selama kedua perangkat tersebut berdekatan, sehingga lebih cepat dan tidak merepotkan. Apalagi, NFC menggunakan lebih sedikit baterai dan daya pemrosesan saat fungsinya aktif.

Sebagai informasi, Vivo X50 Pro dibekali dengan performa yang ditenagai Snapdragon 765 5G Soc dan baterai berkapasitas 4315 mAh, sedangkan Vivo X50 dibekali Snapdragon 730 dengan baterai 4200 mAh. Hal tersebut membuat kualitas kedua smartphone semakin garang saat digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan multitasking dan banyak tugas lainnya.