Video Call di WhattApp bisa Memuat hingga 50 Orang, Ini Caranya!

Teknologi Media – Sejak pandemik COVID-19 berlangsung, kebutuhan akan video call pun semakin meningkat. Sarana ini menjadi penting untuk keluarga yang sedang terpisah, teman, hingga bahkan rekan kantor. Salah satu aplikasi yang menyediakan fitur video call adalah WhatsApp.

Video call WhatsApp yang dilakukan di smartphone hingga saat ini dibatasi hingga delapan orang saja. Tak ada penjelasan mengenai hal ini. Namun kemungkinan besar untuk mempertahankan tampilan karena layar smartphone yang kecil.

Jika kamu ingin melakukan video call dengan lebih dari delapan orang, maka gunakanlah WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp di desktop. Sebab di sana, tersedia room yang bisa digunakan hingga 50 orang secara gratis.

Perlu diketahui bahwa fitur video call WhatsApp yang bisa muat 50 orang ini merupakan hasil kolaborasi dengan Messenger Rooms. Ini merupakan layanan yang dirilis oleh Facebook, perusahaan induk WhatsApp.

Maka dari itu, jika kamu ingin membuat ruangan video call tersebut, kamu harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Tak hanya untuk penyelenggara, orang-orang yang ingin bergabung di dalam video call juga harus masuk ke akun Facebook masing-masing.

Jika kamu menggunakan WhatsApp versi desktop laptop ataupun melalui versi PC, pastikan aplikasi tersebut adalah versi terbarunya. Namun jika kamu menggunakan WhatsApp Web, kamu hanya perlu memastikan koneksimu stabil untuk membuat panggilan.

Untuk membuat room video call, kamu harus klik ikon titik tiga yang terletak di sudut kanan (sejajar dengan ikon foto profil dan new chat). Setelah itu pilih opsi “Create a room” dan “Continue in Messenger“.

Setelah mengklik “Continue in Messenger“, kamu akan dialihkan ke laman baru untuk log in ke akun Facebook. Jika sudah, klik opsi “Create room as ‘nama kamu’“. Jangan lupa berikan akses terhadap webcam dan audio, ya.

Setelah masuk, kamu akan mendapatkan laman berisi link room. Salinlah link tersebut dan bagikan kepada teman-teman yang ingin kamu ajak video call. Ketika pengguna lain mengkliknya, mereka bisa langsung bergabung.

Selain menggunakan link, kamu juga bisa melakukan video call secara langsung melalui grup. Berikut ini caranya:

  1. Bukalah grup WhatsApp yang ingin kamu ajak video call;
  2. Klik ikon klip kertas yang ada di sebelah kolom chat;
  3. Akan muncul menu pop-up, pilihlah “Room” yang ditunjukkan dengan ikon kamera video. Klik “Continue in Messenger“;
  4. Buatlah room dan ajak anggota grup lain untuk bergabung.