Sony Minta Maaf Akibat Pre-order PS5 Kacau

Teknologi Media – Sory secara resmi telah mengumumkan periode pemesanan (pre-order) untuk konsol PlayStation 5 beberapa hari yang lalu. Dimana konsol next-gen tersebut telah bisa dipesan melalui berberapa retailer besar di beberapa negara.

Tetapi, proses pemesanan konsol PS5 tersebut ternyata tidak berlangsung dengan lancar. Banyak para pengguna yang mengeluh karena tidak bisa mengakses halaman pre-order konsol next-gen tersebut. Bahkan beberapa pengguna mengaku tidak bisa melakukan pemesanan konsol next-gen dari PS4 tersebut dikarenakan kehabisan stok.

Terkaikt kekacauan yang terjadi, Sony secara resmi meminta maaf kepada para pengguna melalui pernyataan yang dimuat pada akun Twitter PlayStation.

Awal masalah terjadi, saat para peritel rekanan, yaitu Walmart dan Amazon melakukan pembukaan keran pre-order pada 17 September 2020 untuk konsol PS5 tersebut, dimana tanggal tersebut satu hari lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan oleh Sony.

Mengetahui hal tersebut, para pecinta PlayStation tidak ingin ketinggalan untuk mendapatkan konsol terbaru tersebut dengan menyerbu laman-laman pre-order. Walhasil, situs peritel mengalami masalah, stok konsol juga habis dalam hitungan menit walaupun sempat ditambah oleh beberapa peritel.

Untuk para pemesan konsol PS5 juga mendapatkan notifikasi bahwa pengiriman konsol tersebut mungkin akan terlambat, hal tersebut dikarenakan tingginya angka permintaan.

Sony menghadirkan dua versi untuk konsol PS5 mereka. Untuk versi yang pertama adalah PS5 Standard Edition, dimana versi ini akan dibekali dengan slot drive disc Blu-ray fisik. Untuk konsol ini dibandrol dengan harga US$ 499 (Rp. 7,3 jutaan).

Dan yang kedua yaitu PS5 Digital Edition atau konsol yang tidak dilengkapi dengan slot drive disc Blu-ray fisik, dibandrol dengan harga US$ 399 (Rp. 5,9 jutaan).

Kedua model konsol tersebut akan diterbitkan bersamaan pada 12 November mendatang di negara Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, serta Korea Selatan. Seminggu kemudian, 19 November, konsol PS5 tersebut akan dipasarkan di seluruh dunia.