Snapdragon 875 Akan Menyaingi A14 Bionic di iPhone 12

Teknologi – Selama ini Qualcomm Snapdragon series 8 masih belum dapat mengungguli chipset yang dihadirkan oleh Apple. Namun keadaan akan berubah, saat Qualcomm akan menggadirkan Snapdragon 875 yang menjadi saingan untuk A14 Bionic yang menjadi otak dari smartphone iPhone12.

Chipset A14 Bionic ciptaan Apple ini memulai debutnya saat iPad Air 4 (2020) dirilis. Apple mengatakan silicon terbarunya ini menawarkan peningkatan kinerja dari chipset sebelumnya sampai 40 persen. Namun mereka tidak menyebutkan perbandingan dari chipset A14 Bionic dengan A13 Bionic yang terpasang pada iPhone 11 series.

Hal tersebut membuat banyak asumsi yang muncul tentang kinerja chipset terbarunya tidak terlalu bagus. Kemungkinannya dikarenakan peningkatan dari chipset pendahulunya yang tidak begitu signifikan.

Itulah yang menjadi penyebab banyak yang menyakini bahwa Snapdragon 875 akan mampu mengalahkan A14 Bionic, salah satunya tipster Ice Universe. Chipset Qualcomm Snapdragon 875 mempunyai peluang besar untuk mengalahkan chipset A14 Bionic tahun ini.

Keyakinan tersebut muncul saat sejumlah informasi yang telah tersebar sebelumnya. Perlu diketahui bahwa Snapdragon 875 akan diproduksi menggunakan proses 5nm, dimana chipset ini sama seperti dengan A14 Bionic.

Chipset Snapdragon 875 dikabarkan akan mempunyai peningkatan kinerja sebesar 30 persen, dimana hal tersebut berkat penggunaan Cortex-X1 Super Core. Kedengarannya akan sangat menjanjikan, tetapi masih terlalu dini untuk berkomentar tentang hasil kinerja dari chipset tersebut, toh juga chipset Qualcomm tersebut belum benar-benar menunjukkan performanya di ponsel.

Apple juga masih merencanakan perilisan iPhone 12 di bulan Oktober mendatang. Sedangkan ponsel yang akan menggandeng Snapdragon 875 untuk pertama kalinya kemungkinan akan dirilis di awal tahun 2021.

Satu-satunya kabar tentang Snapdragon 875 adalah chipset ini tidak diproduksi oleh TSMC seperti dua chipset pendahulunya. Sebagai gantinya, Samsung disebut-sebut akan memproduksi chipset Snapdragon 875 tersebut. Dimana raksasa teknologi yang berasal dari Korea Selatan tersebut sebelumnya pernah di percayai oleh Qualcomm untuk memproduksi Snapdragon 835 dan 845 dengan menggunakan proses 10nm.