Qualcomm Rilis Chipset Terbaru Snapdragon 750G

Teknologi – Qualcomm resmi mengumumkan chipset terbaru mereka, yaitu Snapdragon 750G. Dimana chipset tersebut diklaim akan memberikan peningkatan performa grafis sebesar 10 persen dari seri sebelumnya 730G.

Qualcomm Snapdragon 750 G akan hadir sebagai salah satu chipset 5G yang juga dipercaya akan mendukung gaming HDR dan on device AI.

Untuk mendapatkan performa koneksi 5G pada chipset ini, Qualcoom pada chipset ini menyematkan modem X52 5G RF System. Dimana modem yang disemat tersebut sudah mendukung teknologi mmWave dan sub-6 GHz. Bahkan koneksi SA dan NSA untuk 5G sudah didukung oleh modem X52 tersebut.

Embel-embel G pada chipset ini tidak hanya memberikan dukungan terhadap koneksi 5G, tetapi juga akan mendukung Snapdragon Elite Gaming. Yang mana dukungan tersebut adalah True HDR gaming, Game Jank Reducer, Vulkan 1.1 dan juga memberikan dukungan terhadap fitur anti cheat.

Chipset Snapdragon 750G juga akan memberikan peningkatan performa grafis 10% jika dibandingkan dengan chipset sebelumnya 730G, hal tersebut dikarenakan adanya sistem kerja GPU Adreno 619. Bahkan dukungan koneksi 5G pada chipset ini akan memberikan lebih banyak peran, salah satunya untuk memperlancar streaming gim melalui smartphone.

Seri 750G ini juga sudah menggunakan Qualcomm AI Engine generasi ke-5, dimana teknologi ini akan memberikan interaksi yang semakin pintar dalam sektor kamera dan video, penerjemahan menggunakan suara, imaging berbasis AI sampai pengalaman gaming yang didukung dengan sistem AI.

Qualcomm juga mengatakan bahwa operasi AI dalam chipset terbaru ini dapat mencapai 4.0 TOPS (Trillion Operations Per Second). Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang diberikan oleh Snapdragon 732G. Tidak hanya itu saja, chipset terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan Qualcomm Sensing Hub, yang mampu memberikan sistem AI untuk melakukan echo cancellation serta mengurangi kebisingan pada background. Hal tersebut sangat berguna dalam voice chat saat melakukan sesi gaming.

Perangkat smartphone yang akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 750G ini akan dirilis pada akhir tahun ini. Smartphone pertama yang digadang-gadang akan menggunakan chipset ini adalah Samsung Galaxy A42.