Perbedaan Besar yang Diharapkan Dari iPhone 11 vs iPhone 12

Teknologi Handphone – Dalam beberapa bulan kedepan apple akan meluncurkan smartphone terbarunya iPhone 12. Dimana berdasarkan rumor yang beredar, iPhone 12 mempunyai empat varian dengan ukuran layar yang berbeda. Bahkan, iPhone terbaru ini diharapkan memberikan desain baru, layar OLED untuk semua varian, kamera 3D, chipset A14 yang pasti juga di dukung konektivitas 5G.

Jika rumor yang dikabarkan diatas benar, maka iPhone 12 akan memiliki perbedaan sangat besar untuk spesifikasinya dengan iPhone 11. Berikut ini perbedaan besar berdasarkan rumor dan spekulasi yang diharapkan antara iPhone 11 dan iPhone 12.

1. Varian dan ukuran layar

Berdasarkan rumor yang ada, Apple akan memberikan tawaran iPhone 12 dalam empat model dan tiga ukuran layar yang berbeda. iPhone 12 Pro Max akan mempunyai layar 6,7 inci, dimana berbeda dengan iPhone 11 Pro Max yang mempunyai 6,5 inci dan iPhone 12 Pro yang dibekali dengan layar 6,1 inci sama seperti iPhone 11.

Sedangkan untuk dua varian lainnya yaitu iPhone 12 dan 12 Max dirumorkan akan sama memiliki layar 5,4 inci. Jumlah varian untuk iPhone 12 naik satu dari seri sebelumnya yang hanya mempunyai tiga varian model.

2. Desain

Apple sekarang ini sedang melakukan perombakan besar pada lini iPhone 12 terbaru mereka. Dimana iPhone 12 akan mempunyai desain flat-edged yang menyerupai iPad Pro serta iPhone 4.

Jika hal tersebut benar, maka iPhone 12 akan membuang tepian melengkung dari bagian bingkainya serta menggantinya dengan tepian yang lebih rata dan terlihat solid.

3. Layar

iPhone 12 dengan empat model ini dilaporkan akan menggunakan layar berpanel OLED. Sebagai perbandingan dari smartphone sebelumnya yang memberikan layar OLED ke iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max.

Pada iPhone 12 Pro dan Pro Max akan mendapatkan dukungan refresh rate 120 Hz, dimana hal tersebut jauh lebih unggul dari lini iPhone 11 yang semuanya hanya mendukung refresh rate 60Hz saja.

4. Kamera

Pada bagian kamera tidak diragukan lagi karena pada seri iPhone 11 memiliki kualitas kamera terbaik, bahkan untuk seri iPhone 12 yang akan datang, hampir dapat dipastikan akan jauh lebih baik lagi dengan mengusung konfigurasi dual kamera untuk varian iPhone 12 dan 12 Max.

Sedangkan untuk varian iPhone 12 Pro dan Pro Max akan membawa sistem triple-camera serta sensor yang lebih besar.

5. Performa dan 5G

Untuk seri iPhone 12 dipastikan akan menggunakan menggunakan chipset A14 Bionic yang lebih baru dan dikabarkan akan menjadi chipset 5nm pertama dari Apple.

Berdasarkan katalog HP 5G yang terus bertambah, seri iPhone 12 kemungkinan akan didukung konektivitas 5G. Tidak hanya terdapat pada model Pro saja, tetapi semua varian diharapkan akan menggunakan koneksi 5G super cepat.

6. Baterai

Sama seperti seri sebelumnya, akan terjadi peningkatan baterai untuk seri iPhone 12. Diketahui sebelumnya untuk kapasitas seni iPhone 11 hanya menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh, maka untuk seri iPhone 12 diharapkan dapat melebihi 4.000 mAh.

7. Harga

Untuk seri iPhone 12 masih belum terkonfirmasi untuk hargany, tetapi berbagai bocoran memprediksikan untuk seri ini akan berada di kisaran US$ 649 sampai US$ 1,449. Bahkan iPhone 12 dilaporkan lebih murah US$50 dari seri sebelumnya.

Demikianlah ulasan beberapa perbedaan dari seri iPhone 11 dan iPhone 12. Dimana Apple akan mengadakan acara Apple Event pada 15 September mendatang dan akan menjadi tempat diumumkannya untuk seri iPhone 12 dan beberapa produk lainnya.