Maserati MC20 Sudah Diluncurkan Secara Global dan Sudah Dapat Dipesan

Teknologi Mobil – Setalah berpisah dengan Ferrari, Mesarati terus melakukan pengembangan produk sendiri. Hal tersebut terlihat dari supercar MC20. Dimana supercar tersebut secara resmi telah diluncurkan secara global kemarin (10/9/2020) di Modena, Italia. Supercar tersebut tidak hanya dapat dipesan oleh konsumen di Eropa, tetapi juga konsumen di Tanah Air melalui Maserati Indonesia.

MC20 merupakan singkatan dari Maserati Corse 2020, mobil ini dilengkapi dengan jantung mekanis berbeda, yang tidak lagi meminjam buatan Ferrari atau Alfa Romeo. Nettuno adalah nama mesin yang digunakan sebagai petanda, kembalinya brand berlambang trisula untuk memproduksi dapur pacu sendiri.

Jason Broome, Managing Director Maserati Indonesia mengatakan Enjin V6 dipilih sebagai suplai daya ketimbang menggunakan V8. Hal tersebut dikarenakan konfigurasi yang lebih ringan dan kompak, yang mempunyai performa mumpuni. Apalagi pada bagian dalamnya telah ditanam teknologi Maserati Twin Combustion yang sudah dipatenkan. Salah satu busi terpasang pada bagian dalam ruang yang mempunyai fungsi sebagai Pre-chamber Ignition.

Membutuhkan sekitar 2 tahun untuk melakukan pengembangan mobil sediri. Pengembangan tersebut menggunakan teknologi Vitrual Vehicle Dynamics Development merupakan simulator dinamis yang dikembangkan sendiri oleh Maserati Innovation Lab. Setalah mendapatkan formula yang tepat, unit diatur kembali melalui sesi uji coba trek serta jalan dengan berbagai kondisi penggunaan.

Supecar ini mempunyai enam warna baru yaitu Bianco Audace, Giallo Genio, Rosso Vincente, dan ketiga warna lainnya, bahkan konsumen juga dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan. Supercar ini dibanderol dengan harga Rp. 9 miliar off the road, dan akan masuk ke Indonesia pada bulan Januarti tahun depan.

Memang membutuhkan waktu yang cukup lama, hal tersebut dikarenakan adanya antrean produksi serta dibutuhkan waktu sekitar 4-6 bulan untuk mobil supercar ini sampai ke tangan konsumen, semua tergantung dari personalisasi yang diminta.