Maraknya Persaingan Smartphone dengan Fitur Kamera 108MP

Teknologi Handphone – Meski pasar low end dan menengah sudah penuh sesak dengan pemain vendor asal China.Maraknya Persaingan Smartphone dengan Fitur Kamera 108MP

Namun predikat sebagai vendor dengan produk termurah namun dengan spesikasi gahar sejauh ini masih tetap dipegang oleh Xiaomi.

Pembuat smartphone China Xiaomi dikabarkan sedang mengerjakan smartphone baru dengan kamera 108MP dan itu akan menjadi yang termurah dari perusahaan sejauh ini.

Vendor yang berbasis di Shenzen itu, Akan segera memperkenalkan dua model smartphone baru bernama Gaugin dan Gaugin Pro, Model Pro disebut akan memiliki sensor kamera 108MP dan model dasar akan memiliki sensor 64MP.

Dilansir dari laman GSMArena, Kedua smartphone dengan harga terjangkau itu akan diluncurkan di bawah sub-brand Redmi, Meskipun demikian perusahaan belum menetapkan tanggal sresmi peluncuran.

Fitur kamera dengan mega pixel besar saat ini, Menjadi salah satu kekuatan Vendor untuk bersaing di pasar, Sebelumnya Xiaomi trlah menggebrak dengan Mi 10 yang langsung menyedot animo konsumen.

Maraknya Persaingan Smartphone dengan Fitur Kamera 108MP

Namun kini Xiomi bukan satu-satunya vendor yang menawarkan Quad-camera 108MP Samsung juga menawarkan S20 Ultra dan Note 20 Ultra dengan kamera 108MP, Motorola juga meluncurkan Edge+ dengan sensor 108MP.

Saat pasar milai ramai dengan sensor kamera 108MP, Xiaomi merespon cepat dengan rencana peluncuran Gagugin dan Gaugin Pro, Harga yang dipatok murah untuk kedua smartphone itu.

Xiaomi menegaskan sejauh ini Xiaomi adalah raja smartphone dengan harga terjangkau namun dengan spesifikasi menawan seperti kelas menegah atas.

Disisi lain baru-baru ini Xiaomi juga telah mematenkan smartphone baru dengan layar seba bisa, Seperti Mi Alpha dengan kameta tunggal 108MP.

Dalam hal desain tampilan utama mengalir di tepi perangkat dan bahkan berputar-putar untuk mencapai panel belakang, Di bagian belakang ada tampilan kedua yang dimulai hanya beberapa milimeter dari ujung depan.

Tak dapat dipungkiri sektor kamera sejauh ii masih menjadi nilai jual smartphone sehingga tidak mengherankan jika vendor terus mengembangkan teknologi, Termasuk sensor yang semakin mumpuni, Hal ini sangat mengakomodir pengguna yang hobi traveling.Maraknya Persaingan Smartphone dengan Fitur Kamera 108MP

Itu sebabnya, Vendor smartphone terus berusaha untuk mengeksplorasi kamera sebagai nilai jual, termasuk meningkatkan kapasitas mega pixel dan jumlah kamera yang disematkan.

Dalam kajiannya, Counterpoint Research menyimpulkan sebanyak 50 persen smartphone yang terjual secara global akan memiliki tiga atau lebih sensor kamera pada akhri 2021.

Menurut pakar industri, Peningkatan jumlah kamera merupaja upaya merek untuk membedakan diri dari pesaing dan tetap menjadi yang teratas dalam benak konsumen.

Ini harus dilihat sebagai perang pemasaran, yang Memungkinkan merek memamerkan inovasi untuk fitur yang penting bagi konsumen ponsel pintar akhir-akhir ini, Ucap Navkendar Singh, Direktur Riset-Perangkat dan Ekosistem IDC India & Asia Selatan.

Singh menyebutkan bahwa ketersediaan ukuran sensor dan biaya terjangkau dapat membuat vendor smartphone leluasa untuk meluncurkan model terbaru dengan ttik harga yang terjangkau.

Pada awal 2020, Kita megharapkan peluncuran smartphone dengan 92MP dan 108MP di pasar, Diluar kemampuan mega pixel tertentu, Konsumen normal tidak dapat merasakan perbedaan dalam foto murni dari sudut pandang megapixel, Uacap Singh.

Faktanya hanya menambahkan besarnya megapixel, Tidak sepenuhnya membuat gambar yang dihasikan menjadi lebih berkualitas.Maraknya Persaingan Smartphone dengan Fitur Kamera 108MP

Ada beberapa Faktor yang menentukan, Seperti Sensor ukuran bukaan Image Signal Prosessor (ISP), Algoritma perangkat lunak AI (Artificial Intelligence) dan lainnya.

Bisa disimpulkan bahwa ekplorasi megapixel yang gencar dilakukan oleh Vendor smartphone, Sesungguhnya masih sebatas gimik pemasaran.

Meski demikian, kebanyakan konsumen sudah kadung menyakini bahwa semakin besar meapixel yang ditanam dalam sebuah kamera smartphone.

Maka kualitas foto yang dihasilakn juga semakin bagus, Persepsi itulah menjadi mantra yang ampuh bagi Vendor smartphone untuk menjaring konsumen.

Menariknya pertimbangan utama konsumen Indonesia membeli smartphone saat ini juga sudah bergeser, Survei Google yang di publikasi kan pada Mei 2019.

Menunjukan konsumen ponsel pintar tidak lagi membeli perangkat berdasarkan fitur kamera melainkan dari sisi performa yang tinggi untuk mobilitas penggunanya.

Menurut kajian Google delapan puluh tujuh persen pembeli ponsel pintar menjadikan kecepatan perangkat sebagai faktor utama dalam membeli smartphone.

Selain itu, Sebanyak delapan puluh tiga persen konsumen juga mencari ponsel yang memiliki daya tahan lama, Hal tersebut karena sebagian besar aktivitasnya ditunjang oleh perangkat ponsel pintar.

Pasalnya, penggunaan Smartphone di Indonesia bisa mencapai lima jam sehari, pada jangka waktu tersebut pengguna juga bemgabadikan momen dengan mengambil foto ataupun video.

Di luar kecepatan dan daya tahan batere sebanyak lapan puluh satu persen konsumen membeli ponsel pintar berdasarkan besar kapasitas memori penyimpanannya, Hanya tujuh puluh satu persen responden yang membeli perangkat berdasarkan fitur kamera.