HarmonyOS Buatan Huawei Akan di Pastikan Hadir Untuk Smartphone

Teknologi – Pada acara HDC 2019 Huawei memperkenalkan Sistem Operasi mereka yang bernama HarmonyOS.HarmonyOS Buatan Huawei Akan di Pastikan Hadir Untuk Smartphone

Seperti kita ketahui sejak tahun2019, Huawei mendapat tekanan berat dari pemerinyah Amerika Serikat, Tekanan ini pun memiliki imbas secara global, Terutama berhubungan dengan industri yang memakai teknologi Amerika Serikat.

Salah satunua adalah tidak bisanya Huawei memakai Google Mobile Service di smartphone mereka, Awalnya Huawei tetap berkomitmen akan menggunakan Android sebagai sistem Operasi Smartphone mereka.

Di sisi lain mereka juga mengembangkan HarmonyOS sebagai rencana cadangan, Sistem Operasi ini hadir pertama kali di Honor Vision Smart TV.

Honor Vision Smart TV Memakai HarmonyOS :HarmonyOS Buatan Huawei Akan di Pastikan Hadir Untuk Smartphone

Seiring tekanan dari pihak Amerika yang berlarut-larut pada acara HDC 2020 Huawei mengumumkan kalau HarmonyOS akan hadir di smartphone secara bertahap, HarmonyOS akan hadir di perangkat IoT 128KB-128MB mulai 10 September.

Seperti di Smart TV, Perangkat sandangan mobil dll, Lalu HarmobyOS akan hadir di smartphone 128MB-4GB pada bulan April 2021 dan akhirnya di smartphone di atas 4GB pada bulan Oktober 2021.

Huawei juga berncana melepas Sistem Operasi ini secara open source melaluiproyek OpenHarmony, Para pengembang bisa membuat versi sistem operasi mereka sendiri, Mirip seperti Android dengan AOSP (Android Open Source Project).

Saat ini kita belum bisa membayangkan sejauh apa jangkauan Sistem Operasi alternatif dari Huawei ini, Apakah hanya akan tersedia untuk smartphone Huawei? Apakah nantinya ada merek lain yang memakainya?

Melihat sulitnya sistem Operasi ketiga hadir di antara persaingan Android dan iOS (l=Lihat saja BlackBerry dan Windows Phone), Kehadiran HarmonyOS di Smartphone jelas menjadi tantangan besar bagi Huawei.