Google Resmi Rilis Android 11 Versi Final!

Teknologi Handphone – Setelah sering dibicarakan dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, Google akhirnya resmi meluncurkan sistem operasi mobile terbarunya yaitu Android 11, sebagai penerus dari Android 10.

Sebelum resmi diumumkan, pada Februari lalu, Google sudah merilis lebih dulu sistem operasi Android 11 versi pengembang untuk sejumlah pengguna ponsel Pixel.

Saat itu Android 11 versi pengembang sudah bisa diinstal di perangkat buatan Google, yakni Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, dan Pixel 4 XL.

Sedangkan versi beta Android 11 sebelumnya juga sudah dirilis oleh Google pada bulan Juni lalu untuk sejumlah pengguna ponsel Pixel.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini Android 11 versi akhir/final tidak hanya dirilis pertama kali untuk lini smartphone Google Pixel saja, tetapi juga untuk merek ponsel lain seperti OnePlus, Xiaomi, Oppo dan Realme.

Dilansir dari Venture Beat, Rabu (9/9/2020), Android 11 telah dibekali sejumlah fitur baru, termasuk fitur terkait kemampuan jaringan 5G. Lantas apa saja fitur baru yang hadir di Android 11?

1. Bubbles

Fitur ini sebenarnya adalah bagian dari Android 10, dan tampilannya mengingatkan kita pada chat heads milik Facebook Messenger.

Bubbles adalah UI baru untuk aplikasi chat yang membuat pengguna dapat membuka beberapa percakapan sekaligus, dengan akses yang lebih mudah.

2. Conversation Notifications

Mirip dengan bubbles, fitur ini akan memunculkan percakapan di area notifikasi. Nantinya tampilan pesan yang masuk di bagian notifikasi akan disesuaikan dengan aplikasinya, seperti email, Instagram, dan juga pembaruan aplikasi.

Fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dan membalas notifikasi yang masuk.

3. Voice Access

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengontrol ponselnya hanya dengan bantuan suara. Misalnya, ingin membuka akses menu, pengguna dapat menggunakan fitur ini sebagai perintah aksesibilitas.

4. Media Control

Pada Android 11, fitur ini memudahkan pengguna untuk beralih ke output media eksternal seperti speaker bluetooth atau Google Home speaker yang akan ditampilkan melalui ikon di menu notifikasi drop-down di perangkat.

Fitur ini mirip dengan yang ada di perangkat Apple, yakni AirPlay di Control Center iOS.

5. Device Control

Fitur ini membantu pengguna untuk mengontrol perangkat mereka yang terhubung ke perangkat lain.

6. One Time Permission

Di Android 11, pengguna memiliki opsi agar aplikasi hanya dapat mengakses fitur tertentu seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi satu kali (one time), bukan berlaku seterusnya seperti versi Android sebelumnya.

7. Background Location

Google telah memperketat izin akses untuk lokasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Google akan menentukan apakah aplikasi tersebut benar-benar membutuhkan akses lokasi di background atau tidak.

8. Permissions auto-reset

Jika pengguna lama mengabaikan aplikasi yang terinstal, sistem akan secara otomatis mereset penginstalan aplikasi dan memberikan notifikasi apakah aplikasi akan digunakan kembali atau tidak.

9. Scoped storage

Google telah meningkatkan fitur ini untuk melindungi aplikasi dan data pengguna yang disimpan di penyimpanan eksternal, dan melakukan perbaikan lebih lanjut untuk membantu pengembang aplikasi.

10. Google Play System Updates

Google dapat memperbarui beberapa elemen dalam sistem. Ini bertujuan agar Google lebih leluasa mengupdate aplikasi langsung dari Play Store, tanpa melibatkan pengembang aplikasi.

Android 11 juga memiliki beberapa peningkatan modul dalam sistem aplikasi. Termasuk pengaturan untuk mengontrol akses privasi ke penyimpanan internal, dan pengaturan lain untuk menangani sistem antarmuka aplikasi.

Selain itu, di Android 11, pengguna bisa menjadwalkan mode gelap untuk aktif secara otomatis. Opsi yang tersedia nanti adalah mengaktifkan mode gelap dari sore hingga pagi hari atau mengaturnya secara khusus.

Jika Anda adalah seorang pengembang aplikasi (developer), maka Anda sudah dapat menginstal aplikasi ke perangkat, atau emulator yang menjalankan Android 11, untuk menguji fitur-fiturnya.