Demi Perluas Pacu Performa 5G, MediaTek Rilis Chipset 5G T750

Teknologi – MediaTek, perusahaan semikonduktor asal Taiwan saat ini merilis chipset 5G T750 yang akan digunakan dalam produk consumer premise equiqment (CPE) 5G nirkabel, seperti router fixed wireless accses (FWA), dan hotspot mobile, yang akan membantu pengguna berselantar di konektivitas 5G.

JC Hsu sebagai Corporate Vice President dan General Manager Wireless Communication Business Unit MediaTek menjelaskan bahwa radio 5G yang tertanam digunakan dalam chipset ini besarta CPU Arm empat-inti

Bahkan dia juga mengatakan bahwa chip tersebut mempunyai fitur lengkap dengan seluruh fungsi dan perifel penting untuk para pembuat perangkat, sehingga dapat membuat produk-produk CPE berkinerja tinggi dengan form factor terkecil. Chipset 5G T750 saat ini sudah mulai dilakukan uji coba oleh calon pelanggan.

Konektivitas pita lebar dengan menggunakan kecepatan tinggi saat ini menjadi lebih terpenting dikarenakan semakin banyaknya perangkat-perangkat yang dapat terkoneksi, dan bertambahnya orang yang bekerja dari rumah, mengambil kelas online, serta menggunakan layanan seperti tele-kesehatan dan panggilan video, ucapnya, Sabtu (5/9/2020).

JC Hsu mengatakan bahwa router 5G yang didukung dengan frekuensi Sub-6GHz akan menghadirkan alternatif pita lebar yang dapat menjangkau wilayah-wilayah dengan layanan DSL, kabel, dan fiber yang terbatas.

Di lain sisi, Firma analis IDC memprediksikan pasa router dan gateway 5G dan LTE global akan semakin berkembang yang di tahun 2019 sekitar US$ 979 juta menjadi hampir US$ 3 miliar pada tahun 2024.

Bahkan, Counterpoint Research memproyeksikan bahwa fixed wireless accses 5G akan terus berkembang setiap tahunnya, dimana pada 2020 pelanggan sudah mencapai 10,3 juta dan akan menjadi lebih dari 450 juta pelanggan pada tahun 2030.

Dia juga menberitahukan bahwa untuk memberikan cakupan yang luas, chipset ini menggunakan frekuensi 5G sub-6GHZ beserta two component carrier aggregation, sehingga menjadikannya lebih ideal untuk berbagai produk fixed wireless accses indoor dan outdoor, yaitu router rumahan dan juga hotspot mobile.

Sementara itu, desain chipset T750, yang didalamnya ditemukan modem 5G NR FR1, prosesor Arm Cortex-A55 empat-inti, serta seluruh periferal yang dibutuhkan dalam sebuah chipset tunggal, dimana hal tersebut akan memberikan keunggulan-keunggulan kinerja serta waktu-ke-pasar yang mempercepat waktu pengembangan ODM/OEM.

Note : ODM (Original Design Manufacturer) merupakan suatu perusahaan atau organisasi yang melakukan rancangan serta memproduksi berbagai komponen atau barang jadi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan pembeli.

Sedangkan untuk, OEM (Original Equipment Manufacturer) merupakan suatu perusahaan atau organisasi yang melakukan rancangan serta memproduksi komponen atau barang jadi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan serta dijual ke perusahaan pembeli

Analisi industri dari ABI Research, Khin Sandi Lynn, mengatakan bahwa para operator dapat memanfaatkan berbagai kemampuan, bandwidth tinggi, serta latensi rendah dari konektivitas 5G untuk memberikan tawaran layanan-layanan 5G FWA yang mendukung pemgalaman seperti Fiber untuk konsumen serta dunia usaha.

Jika semakin meningkatnya penambilan streaming video live dan aplikasi yang sangat bergantung dari latensi seperti gaming dan aplikasi online dengan basis AR/VR, maka untuk layanan-layanan 5G FWA diharapkan dapat meraih momentum tersebut, ucapnya.

Bahkan, Lynn menjelaskan bahwa berbagai chipset 5G MediaTek untuk router FWA tentunya dapat memenuhi permintaan pasar dan mempercepat persaingan dalam ekosistem CPE FWA.

Sementara itu, dukungan yang diberikan untuk sub-6GHz adalah solusi yang sempurna untuk para operator yang berencana mencapai cakupan berbagai layanan yang luas dalam waktu singkat.