Debut Perdana iPad Air 4 (2020), Apple Memberikan Chipset Paling Tangguh

Teknologi Handphone – Acara Time Flies yang diselenggarakan secara daring menjadi tempat kelahiran berbagai produk terbarunya Apple. Salah satu produk dengan tampilan yang banyak menyita perhatian berbagai kalangan adalah iPad Air 4(2020). Tablet terbaru dari Apple tersebut mendapatkan berbagai ragam pembaruan perangkat yang membuatnya semakin mengagumkan.

iPad Air 4 (2020) yang dirilis tersebut mempunyai layar Liquid Retina 10,9 inci (2360 x 1640) yang membuatnya cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tetapi, dimensi pada iPad Air 4 ini lebih ramping dikarenakan bezel yang mengitarinya dibuat semakin tipis. Sedangkan untuk Touch ID tidak dihilangkan, melainkan dialihkan ke bagian atas bodi dan menyatu dengan tombol daya. Bahkan untuk layar pada tablet ini juga didukung warna gamut p3, True Tone, serta tablet ini juga dilapisi dengan bahan antireflektif.

Apple merilis iPad Air 4 terlebih dahulu sebelum iPhone 12 series sebagai produk pertama yang menggunakan chipset A14 Bionic. Chipset hexa-core yang diproses dengan menggunakan teknologi 5nm pertama di dunia ini menggaransi lompatan performa CPU serta GPU sampai 40 persen dan 30 persen jika dibandingkan dengan chipset yang terdapat pada produk Apple generasi sebelumnya.

Untuk bagian belakang tablet tersebut tersemat satu sensor kamera dengan resolusi 12 MP yang sebelumnya telah digunakan oleh generasi iPad Pro (2020). Kamera pada tablet ini mampu merekam video dengan format 4K. Sementera pada kamera depannya beresolusi 7 MP dengan kemampuan perekaman 1080p pada 60fps serta digunakan untuk pemindai fungsi Face ID.

Untuk bagian samping, perangkat tablet ini terdapat dua grill speaker stereo yang membuat para konsumen dpaat menikmati video atau music dalam posisi lanksap. Tablet ini juga mendukung input dari Apple Penser dan Magic Keyboard, namun untuk keduanya dijual terpisah. Apple tidak menyebutkan secara detail kapasitas baterai yang digunakan, tetapi tablet tersebut diklaim dapat bertahan sampai 10 jam.

iPad Air 4 ini sudah berjalan dengan sistem operasi iPadOS 14 yang menawarkan berbagai fitur menarik serta mengoptimalkan fitur yang sudah hadir sebelumnya. Fitur tersebut meliputi Smart Selection yang memanfaatkan machine learning sehingga mampu membedakan tulisan tangan dari suatu gambar untuk mempermudah proses penyuntingan, Shape Recognition yang merupakan aplikasi yang mempermudah pengguna mengambil objek, dan fitur terakhir yaitu Scribble yang memaksimalkan fungsi dari Apple Pencil.

Terdapat banyak pilihan warnya untuk iPad Air 4 ini yang dapat dipilih oleh para konsumen seperti: Silver, Space Gray, Rose Gold, Green, serta Sky Blue. Tablet terbaru ini juga sudah terkonfirmasi hadir di wilayah Amerika Serikat dan akan dipasarkan mulai bulan depan. Namun untuk rilisnya di Indonesia, mari kita menantikan kabar selanjutnya.