Bocoran Hasil Benchmark iPhone 12 Pro Max yang Kalah dari Android

Teknologi – Apple tidak mengumumkan iPhone 12 di event Time Files beberapa waktu yang lalu.Bocoran Hasil Benchmark iPhone 12 Pro Max yang Kalah dari Android

Apple telah mengumumkan Chipset A14 Bionicyang akan mentenagai ponsel flagship generasi terbaru itu.

Dalam pengumumannya Apple mengklaim bahwa chipset A14 Bionic memiliki CPU yang 17% lebih cepat dan GPU yang 8% lebih cepat dari pendahulunya, Dari hasil benchmark yang bocor sepertinya klaim tersebut tidak meleset terlalu jauh.

Dari hasil uji benchmark iPhone 12 Pro Max di AnTuTu mengungkapkan chipset A14 memiliki skor CPU yang 16% lebih tingi dan skor GPU yang 4% lebih baik dibandingkan A13.

Peningkatan yang terlihat cukup signifikan adalah kecepatan memori yang 22% lebih ngebut ddibandingkan pendahulunya, Tapu secara keseluruhan peningkatan performanya tidak begitu besar.

Hasil Skor Benchmark AnTuTu :Bocoran Hasil Benchmark iPhone 12 Pro Max yang Kalah dari Android

Dari hasil benchmark tersebut iPhone 12 Pro Max memiliki skor keseluruhan 572.333, Angka ini cenderung rendah dibandingkan dengan ponsel flagship Android Qualcomm Snapdragon 865+ yang biasanya skor AnTuTU hingga 600.000 keatas.

Tapi membandingkan hasil benchmark antar platform agak kurang seimbang karena memang ada perbedaan dalam bagaimana tugas di masing-masing platform dikerjakan, Perbandingan hasil benchmark dengan A13 harusnya menjadi lebih relavan dan menunjukan bahwa chipset 5nm ini tidak membawa lonjakan performa seperti prediksi banyak orang, Ada beberapa teori menjelaskan fenomena ini.

Pertama, Apple mungkin lebih memprioritaaskan daya tahan baterai dibanding performa yang lebih kencang, Sehingga A14 bisa menggunakan lebih sedikit daya tapi tetap mencapai perform yang sama kencangnya.

Hal ini menjadi kemungkinan besar karena iPadAir 4 yang pertama kali menggunakan A15 Bionic memiliki daya tahan baterai yang sama dengan pendahulunya meski ukuran selnya 8% lebih kecil.

Selain itu bisa saja unit iPhone 12 Pro Max yang diuji adalah sample dan produk finalnya akan memiliki performa yang jauh lebih baik, Tapi jika Apple memang mengklaim peningkatan performayang tidak jauh berbeda dengan hasil benchmark sepertinya itu agak tidak mungkin.