2021, Xiaomi Rilis Smartphone Dengan Kamera Dibawah Layar

Teknologi Handphone – Xiaomi telah memberitahukan bahwa akan memulai produksi smartphone dengan menggunakan teknologi kamera bawah layar generaasi ketiga. Xiaomi juga berencana akan meluncurkan teknologi tersebut ke pasar tahun depan.

Teknologi kamera bawah layar pada seri generasi ketiga dapat menyamarkan kamera depan pada bagian bawah layar sehingga membuat para pengguna dapat menikmati pengalaman layar penuh pada smartphone tanpa ada halangan dari punch hole ataupun dot drop. Hal tersebut menjadi salah satu keputusan strategis Xiaomi untuk mengincar segmen smartphone high-end yang dibantu dengan inovasi teknologi yang tidak pernah berhenti dari perusahan Xiaomi.

Teknologi tersebut akan diletakkan dalam pengaturan pixel yang memungkinkan permukaan layar pada smartphone tersebut dapat dilewati oleh cahaya lewat celah pada area sub-pixel tanpa harus mengobarkan kepadatan pixel.

Jika dibandingkan dengan solusi yang sama di pasar, Xiaomi berhasil menambahkan dua kali jumlah pixel vertikal serta horizontal, sehingga bagian atas kamera bisa menampilkan tingkat kecerahan, color gamut, serta akurasi warna yang sama pada area layar lainnya.

Berdasarkan solusi pengaturan pixel tersebut, teknologi kamera bawah layar dari generasi ketiga ini juga mempunyai desain sirkuit spesial yang mampu menyamarkan lebih banyak komponen pada bagain bawah sub-pixel RGB demi meningkatkan transmisi cahaya yang berada di area bawah layar.

Layar tersebut juga dipadukan dengan algoritma optimasi yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan Xiaomi, teknologi ini akan memberikan pengalaman yang baru serta lebih sempurna, dimana akan sama performanya dengan kamera depan pada umumnya.

Dari generasi yang pertama, dimana hanya dikembangkan di dalam laboratorium sampai generasi keuda yang dipublikasikan pada tahun 2019, Xiaomi tidak pernah berhenti untuk melakukan pengembangan terhadap kamera bawah layar sampai akhirnya terjadi pada generasi ketiga.