Yamaha Merancang Konsep Motor Peminum Air Gantikan Bensin

Teknologi Mobil Teknologi Otomotif – Yamaha sedang merancang konsep sepeda motor XTM500 H200 yang dapat bergerak dengan mengandalkan air. Konsep tersebut merupakan imajinasi Yamaha pada masa depan motor endure XT 500 yang diproduksi 1976-1989.

Autoevolution menjelaskan bahwa pembuat konsep ini merupakan seorang desainer industrial Maxime Lefebvre yang memulai pekerjaannya pada tahun 2016. Setalah melakukan diskusi dengan banyak tim desain Yamaha, Lefebvre memilih untuk membuat motor yang menjadikan air sebagai bahan bakar yang digunakan.

Belum ada penjelasan secara spesifik terhadap cara kerja sistem air tersebut. Tetapi diprediksikan cara kerjanya mengandalkan semprotan air yang bertekanan tinggi.

Jika sistem air ini dapat menggerakkan roda, maka ada kemungkinan suara yang dihasilkan sangat tenang. Kemudian jika mengingat motor ini bekerja dengan mengandalkan air, sudah pasti motor ini akan sangat ramah lingkungan

XT 500 adalah motor dengan menggunakan mesin 4-tak 1-silinder 500 cc yang mampu dikebut sampai 132 km per jam. Pada masanya motor ini akan dikenal sangat bandel, hal tersebut dikarenakan motor ini akan tahan banting dan perawatannya yang mudah.

Salah satu fitur yang terdapat pada motor ini yaitu ukuran ban depan lebih besar 3 inci dari ban belakang, sehingga dapat memudahkan mengarungi medan off road.

Lefebvre juga merancang untuk bodi XT500 H20 futuristis dengan kombinasi warna yang melambagkan masa depan serta ramah lingkungan yaitu biru dan putih.

Sejauh ini konsep untuk XT500 H20 diketahui masih sebatas karya di atas kertas, dan belum ada pernyataan oleh Yamaha tentang rencana produksi motor tersebut, dimana motor ini akan menjadi fenomenal dalam dunia otomotif.