PT Pindad Rilis Kendaraan Taktis 4×4 ‘Maung’

Teknologi Mobil Teknologi Otomotif – PT Pindad merilis kendaraan taktis 4×4 terbaru bernama ‘Maung’. Kendaraan tempur ini dirancang oleh Pindad dengan kemampuan beroperasi di semua kondisi medan.

Keuntungan utama Maung adalah bisa menembus medan-medan yang sulit dan beroperasi di luar jalanan aspal. Meski begitu, Maung masih unggul dalam beroperasi di jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik.

Maung memiliki kecepatan aman 120 km / jam, transmisi manual 6 kecepatan dan mampu mencapai jarak tempuh hingga 800 km. Maung juga dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta peralatan lainnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto mencoba langsung kinerja kendaraan taktis 4×4 Maung buatan Pindad tersebut di Sirkuit Sentul, Bogor pada hari Minggu, 12 Juli 2020.

Uji coba Maung adalah tindak lanjut diskusi antara Menteri Pertahanan RI dengan Direktur Utama PT Pindad (Persero) pada hari Jumat, 10 Juli 2020 di Sesko TNI, Bandung. Selama diskusi, Prabowo tertarik untuk menguji Maung yang dipamerkan bersama dengan Ventilator yang akan diproduksi oleh Pindad.

Pengujian awal dilakukan pada medan datar (on road), yaitu jalan aspal dan paving. Maung mampu bergerak secara taktis dengan memperhatikan aspek kenyamanan.

Pengujian pada medan yang datar mencakup beberapa indikator, yaitu kecepatan, akselerasi, manuver putaran, manuver nomor 8, pengereman dan tidak melupakan aspek keselamatan.

Setelah mencoba secara langsung kendaraan taktis Maung, Prabowo mengatakan Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya untuk meningkatkan produksi alutsista lokal, serta mendukung program penelitian dan pengembangan sehingga nantinya semua produksi dalam negeri dapat sepenuhnya independen.