Perbedaan dan Jenis Kabel USB yang Perlu Anda Ketahui

Teknologi – Tahukah Anda perbedaan dan jenis kabel USB itu sendiri? Mengingat pesatnya perkembangan elektronika hingga saat ini, ternyata hal ini turut mempengaruhi bentuk dan fungsi USB sebagai penghubung antara perangkat utama dengan perangkat pendukung lainnya.

Kabel Universal Serial Bus atau dikenal dengan USB sering digunakan untuk menghubungkan perangkat utama ke perangkat pendukung lainnya. Kabel kecil yang selalu ada di perangkat komputer atau laptop ini bersifat eksternal, dan biasanya digunakan untuk mentransfer data dari flash disk, hard disk, atau smartphone.

Bagaimana Cara Kerja Kabel USB?
Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan dan jenis kabel USB, pasti penasaran kan bagaimana cara kerja kabel USB?

Secara umum, cara kerja kabel USB sangat sederhana dan sering dapat dilihat secara langsung. Di mana ketika Anda memasukkan flash atau hard drive ke port USB, host secara otomatis akan mencari, memilih jenis transfer data, dan menyiapkan ruang memori untuk perangkat tersebut.

Fungsi Kabel USB
Mungkin Anda sudah memahami fungsi kabel USB secara umum. Namun fungsi kabel USB tidak hanya untuk mentransfer data. Lebih dari itu, kabel kecil ini juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti menghubungkan mouse ke komputer atau komputer dengan keyboard, dan memudahkan dalam memasang sistem operasi, apalagi jika laptop tersebut tidak memiliki CD Rom.

Jenis Kabel USB
Sekilas kabel USB memang terlihat mirip mengingat kependekan dari Universal Serial Bus dengan ukuran rata-rata kecil. Namun sebenarnya ada perbedaan dan jenis kabel USB seiring dengan kemajuan elektronika. Dan salah satu nama yang mungkin pernah Anda dengar hingga saat ini adalah Micro USB.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih kabel USB yang tepat, berikut ini perbedaan dan jenis kabel USB seperti dilansir dari berbagai sumber. Ayo lihat!

1. USB Standar Tipe-A
Kabel USB jenis ini biasanya paling sering digunakan dan terhubung secara otomatis di laptop, konsol game seperti PlayStation dan Xbox, serta televisi. Dengan bentuk persegi dan cenderung lebar, Standard USB Type-A berfungsi untuk mentransfer data dari ponsel dan berfungsi sebagai penghubung mouse dan keyboard ke komputer atau laptop.

2. USB Standar Tipe-B
Letak perbedaan dan jenis kabel USB Type-B standar ada pada bentuk yang tidak selebar pendahulunya yaitu USB Standard Type-A. Konon, kabel USB jenis ini sangat jarang digunakan karena akan banyak bermunculan jenis kabel USB yang lebih kecil.

Meski begitu, bukan berarti Standard USB Type-B tidak pernah populer. Karena dulu kabel USB ini digunakan untuk menghubungkan printer dan scanner ke komputer.

3. USB Standar Tipe-C
Jenis kabel USB selanjutnya yang saat ini juga banyak digunakan adalah Standard USB Type-C. Konektor USB ini berbentuk oval dan simetris. Jadi pas hanya kalau bisa dibalik atau bisa dipakai sebaliknya kalau akan dimasukkan ke lubang konektor hp.

Selain itu, keunggulan lain yang berbeda dari kabel Standar USB Type-C adalah kecepatan transfer data dan kapasitas daya. Dimana USB jenis ini telah didukung dengan teknologi USB versi 3.1 Gen 2 dengan daya maksimal 20V dan 5A.

4. Micro USB
Meski saat ini banyak perangkat elektronik yang menggunakan Standard USB Type-C, bukan berarti Micro USB sudah tidak lagi digunakan. Pasalnya, beberapa perangkat pendukung seperti power bank dan kabel charger kamera digital masih menggunakan Micro USB. Padahal perbedaan dan jenis kabel USB yang satu ini sangat mudah terlihat dari USB Standard Type-C.

Micro USB memiliki bentuk yang lebih lebar dan rata, dimana konektornya sekilas terlihat mirip dengan trapesium. Bentuknya yang dinilai kurang bersahabat dibandingkan Standard USB Type-C dalam hal menancapkan kabel, membuat pengguna mau tidak mau harus menyesuaikan bentuk kepala konektor dengan lubang konektor ponsel saat hendak mengisi daya baterai.

Secara umum Micro USB terbagi menjadi dua jenis, Micro USB Type-A dan Micro USB Type-B. Micro USB Type-A biasa digunakan pada ponsel dengan kecepatan transfer data 480 Mbps. Sedangkan Micro USB Type-B memiliki bentuk yang lebih melengkung dengan kecepatan transfer data yang mirip dengan Micro USB Type-A.

5. USB Micro B Superspeed
Seperti namanya, USB Micro B Superspeed memiliki kemampuan transfer data dengan sangat cepat bahkan hingga 5 Gbps. Inilah yang pada akhirnya membuat perbedaan antara kabel USB Mikro B kecepatan super dan jenis lainnya.

USB biasanya digunakan untuk mentransfer data dari hard drive eksternal ke komputer dan perangkat elektronik lainnya.

6. Mini USB
Sebelum Micro USB, Mini USB lebih kecil dari USB Type-A dan USB Type-B. Kabel USB ini sering digunakan untuk smartphone, pemutar MP3, hard disk eksternal, dan konsol game. Namun seiring dengan semakin beragamnya keberadaan Micro USB, popularitas Mini USB justru semakin pudar dan sudah jarang digunakan lagi.

7. Lightning
Kabel USB jenis ini hanya tersedia untuk pengguna produk Apple. Soalnya, USB Lightning dipesan khusus untuk memudahkan pengguna mengisi daya baterai ke lubang konektor, baik itu iPhone, iPad, atau power bank.

8. USB On the Go
USB On the Go atau disingkat USB OTG memungkinkan pengguna untuk membaca atau mengubah data secara langsung di smartphone tanpa harus menggunakan komputer atau laptop terlebih dahulu.

Jadi cara kerjanya sendiri tergantung dari hp yang anda miliki, dimana konektor USB OTG secara otomatis akan menghubungkan media penyimpanan eksternal dengan perangkat mobile tersebut. Sangat praktis bukan?

Nah, itulah informasi mengenai perbedaan dan jenis kabel USB yang bisa Anda pelajari. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan anda dalam bidang elektronika.