Nostalgia F1Z Putih, Motor Bebek 2 Tak Yamaha yang Saat Ini Langka

Teknologi Motor – Sepeda motor dengan mesin 2 tak pernah mengalami masa kejayaannya di Indonesia sebelum peraturan emisi bahan bakar yang lebih ketat dan kemajuan teknologi. Salah satu ikon motor 2 tak yang populer di tanah air adalah Yamaha F1Z.

Motor bebek yang terkenal di pertengahan 1990-an ini merupakan model 2 tak pada masa transisi dari Alfa ke F1ZR. Di era yang sama, motor 2 tak Yamaha lainnya adalah Champ, Sigma, dan Force 1.

Sementara itu, model 2 tak Yamaha pada 1980-an merupakan keluarga V, termasuk V75, V80, dan V80 Excellent atau yang dikenal sebagai ‘Yamaha Robot’.

Secara tampilan F1Z mirip dengan Force 1, namun dilengkapi dengan cakram pada sistem pengereman depan dan knalpot racing seperti F1ZR.

Motor ini dibekali mesin 110 cc, lebih besar dari mesin yang dipasang di Alfa. Mesin F1Z juga dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan silinder dan motor ini tidak dilengkapi kopling manual seperti pada F1ZR.

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun Indonesia ke-75 pada 17 Agustus 2020, Yamaha telah memamerkan F1Z di salah satu dealernya di Bali. Motor ini berwarna putih dan tergabung dalam komunitas Yamaha 2 tak.

Sebelum dipamerkan, motor tersebut sudah melalui proses restorasi total sehingga terlihat baru. Menurut Yamaha varian F1Z putih saat itu tidak terlalu diminati sehingga populasinya sedikit. Namun inilah yang membuat F1Z putih menjadi motor langka.

“Ini juga menjadi sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia,” kata Andri Fistulariyanto selaku promosi DDS Bali, mengutip keterangan resmi Yamaha, Senin (24/8).

Di dealer tersebut juga memamerkan dua model motor 2 tak Yamaha lainnya, yaitu Champ dan RX King.

“Sejalan dengan tuntutan emisi gas buang, produk 2 tak pelan-pelan digantikan motor 4 tak. Untuk moped atau bebek yang menggantikan F1Z, awalnya Crypton kemudian muncul Vega dan hingga kini Jupiter Z makin eksis,” jelasnya.