Nissan Kicks e-Power Resmi Meluncur di Indonesia

Teknologi Mobil – Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan di Indonesia, menerangkan All-New Nissan Kicks e-Power alias Nissan Kicks yang akan meluncur di Indonesia pada 2 September 2020 mendatang.

Nissan Kicks e-Power akan menjadi mobil listrik e-Power berbasis SUV kompak pertama yang diluncurkan Nissan di Indonesia. Setelah sebelumnya sudah dipasarkan global di sejumlah negara, termasuk Thailand.

Dilihat bodinya, Nissan Kicks memiliki desain yang masih mirip dengan SUV crossover pada umumnya. Namun, Nissan Kicks e-Power menampilkan desain eksterior baru. Seperti pada bagian lampu depan, kap mesin, gril dan bumper yang mendapat perubahan total, tapi sepertinya desain ini hampir mirip dengan pendahulunya Nissan Juke.

Pelek yang digunakan SUV ini model baru, yaitu pelek palang 5 dual tone berukuran 17 inci.

Bagian lampu depan mobil ini dilengkapi LED dengan reflektor yang melebar dan sedikit sipit dibandingkan mobil-mobil Nissan sebelumnya.

Pada peluncurannya di Thailand beberapa waktu lalu. Nissan mengenalkan teknologi e-Power, dengan teknologi ini Nissan Kicks akan menjadi jembatan menuju mobil listrik sepenuhnya.

Teknologi ini berbeda dengan sistem pada battery electric vehicle seperti pada kebanyakan mobil Toyota. e-Power menyertakan mesin bensin dengan generator listrik, inverter, baterai, dan motor listrik.

Teknologi ini juga unggul dalam memberikan efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih rendah, dibandingkan dengan mesin bensin.

Roda-roda Nissan Kicks sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, ditenagai oleh baterai yang terisi dayanya oleh mesin bensin.

Lalu berapa harga ideal yang ditawarkan Nissan untuk SUV barunya ini? Di Thailand, Nissan menawarkan tiga varian, yaitu e-Power E yang dibanderol harga 949 ribu baht atau setara Rp 444,3 juta. Varian e-Power V dipatok harga 999 ribu baht (Rp 467,7 juta), dan terakhir varian e-Power VL 1 juta baht (Rp 491,1 juta).

Belum ada bocoran pasti berapa harga yang dipatok Nissan untuk pasar Indonesia. Yang pasti, mobil SUV ini gak bakal jauh dari kisaran Rp 400 juta hingga Rp 500 juta.