Netflix Dukung Kontrol Kecepatan di Android

Teknologi Media – Untuk penggunakan platform video seperti You Tube atau aplikasi media seperti VLC, pengguna bisa mengontrol kecepatan pemutaran video yang mereka inginkan. Sekarang, fitur tersebut sudah hadir untuk pengguna Netfilx di Android.

Dimana pengguna dapat mempercepat pemutaran video dengan opsi 1,25x atau 1,5x, dan juga dapat memperlambat video dengan opsi 0,5x atau 0,75x. Tetapi saat ini hanya tersedia opsi 1x percepatan, untuk pilihan lainnya akan menyusul bersamaan dengan pembaruan dari Netflix.

Tetapi, tampaknya untuk pengaturan percepatan video ini tidak akan disimpan sehingga pengguna perlu mempercepat atau memperlambat video secara manual dengan di setiap video yang ditonton, dikutip dari Ubergizmo, senin (3/8/2020).

Vice President (VP) Produk Netfix, Keela Robinson, mengatakan bahwa fitur untuk mempercepat video ini telah sering diminta dan mendapatkan dukungan dari National Association of the Dead dan National Feferation of the Blind di AS.

Keela juga mengatakan bahwa orang-orang yang tuli dan memiliki kesulitan dalam membaca lebih menyukai pilihan untuk memperlambat teks, serta orang-orang yang memiliki kesulitan dalam mendengarkan lebih menyukai pilihan untuk memperlambat kecepatan video.

Sedangkan banyak orang tunanetra yang terbiasa untuk mendengar audio digital yang lebih cepat (misalnya dengan pembaca layar), ucap keela kembali.

Netflix sebenarnya sudah memulai untuk menguji fitur tersebut pada tahun 2019 dan beberapa pencipta telah benar-benar menentangnya, seperti aktor Aaron serta sutradara Braid Bird dan Judd Apatow. Mereka merasa khawatir akan fitur semacam itu, dikarenakan dapat mengganggu integritas dalam video konten mereka, dan memungkinkan distributor lebih banyak mengatur.

Kekhawatiran mereka ditanggapi oleh Netflix dengan tidak merilis fitur tersebut pada layar yang lebih besar, seperti Televisi atau sejenisnya untuk tetap menjaga kualitas video konten tersebut. Sehingga pada akhirnya fitur percepatan video ini hanya tersedia di Android saja. Secara khusus untuk para pengguna non-Android, Netflix mengatakan bahwa perusahaannya akan mulai melakukan pengujian fitur tersebut pada aplikasi iOS dan juga versi web.