MV Agusta Luncurkan Dragster dan Brutale 800 Berteknologi Kopling Pintar

Teknologi Motor – MV Agusta merilis kembali Dragster 800 RR, Dragster 800 RC, serta Brutale 800 RR yang dilengkapi dengan Smart Clutch System (SCS) versi 2.0.

Sistem kopling pintar tersebut adalah hasil dari kolaborasi bersama Rekluse, salah satu perusahaan terdepan asal Amerika yang memproduksi komponen kopling berkualitas serta berperforma tinggi.

Smart Clutch System merupakan sistem yang pertama kali diaplikasikan ke MV Agusta Turismo Velove 800 dengan memiliki embel Lusso SCS. Saat itu penelitian dan dan pengujian sistemnya membutuhkan waktu selama dua tahun. Dan pada tahun 2018 model adventure resmi diluncurkan. Sekarang teknologi tersebut diaplikasikan ke jajaran motor sport dengan jenis naked bike, Dragster dan Brutale 800.

Pada dasarnya pengoperasian sistem kopling ini sama seperti motor bebek atau cub, tetapi memiliki sistem yang lebih canggih. Jadi proses memasukkan gigi, serta pemindahan gigi, down shift, up shift tanpa mengharuskan menarik tuas kopling oleh pengendara. Teknologi ini pastinya mempunyai satu paket dengan quickshifter dua arah.

Selain itu, motor ini saat keadaan gear netral, rider dapat langsung masuk ke gigi 1 tanpa takut motor tersentak. Begitu juga sebaliknya dari gigi 6, pengendara dapat langsung berhenti tanpa harus memindahkan ke gear netral atau menekan kopling. Jika di sistem transmisi konvensional, hal tersebut tentunya akan menyebabkan mesin stall atau mati.

Walaupun menggunakan SCS, perpindahan gigi masih terasa alami untuk pengendara karena masih menggunakan banyak bagian gearbox konvensional. Hal tersebut membuat motor ini mudah untuk diperbaiki dan di service tanpa terlalu banyak mengeluarkan biaya lebih. Model-model mahal MV Agusta yang menggunakan sistem tersebut juga memuat hurud SCS setelah namanya.

SCS

Tujuan pabrik meletakkan SCS yaitu untuk meningkatkan kenyamanan dan kelancaran berkendara, serta meningkatkan performa. Dan sangat masuk akal jika MV Agusta memberikan fitur terbarunya ini untuk Brutale dan Dragster 800, hal tersebut dikarenakan keduanya menggunakan mesin yang sama. Di sisi lain, kopling ini lebih rumit dari pada transmisi reguler, hal tersebut karena ada beberapa tambahan komponen yang mempunyai bobot sekitar 30 gram.

Teknologi semacam ini biasanya banyak ditemukan pada motor berjenis enduro. Dimana Pengendara dapat menggunakan kopling secara tradisional dengan mengoperasikan tuas di setang, atau menyerahkan kontrol penuh pada sistem, sehingga pengendara bisa berkonsentrasi di jalan dan menikmati perjalanan sepenuhnya.

Selain SCS, fitur yang mencolok lainnya adalah penggunakan sistem elektronik MVISC 2.0 (Motor & Vehicle Integrated Control System). Dispesifikasikan oleh pemetaan yang lebih akurat dan efektif. Peranti tersebut juga menggabungkan daya ledak 800 cc 3 silinder dengan efisiensi tinggi bahan bakar. Sehingga tidak haya untuk mengejar kinerja mesin, tetapi ada upaya untuk tetapi bisa efisien. Moto ini juga dilengkapi dengan Full Ride by Wire multimap dan traction control yang dapat disesuaikan sampai 8 tingkat pilihan.

Jika kita bicara spesifikasinya, MV Agusta Dragster 800 RR SCS, Dragster 800 RC SCS dan Brutale 800 RR SCS dibekali mesin dengan kapasitas 798 cc 3-silinder. Dan untuk tipe RR mampu memuntahkan tenaga sampai dengan 140 Tk pada 11.600 rpm dengan torsi 81 Nm pada 8.600 rpm. Sedangkan untuk varian RC punya output tenaga 150 Tk.

Struktur Rangka Teralis

Semua jenis mengusung struktur rangka teralis berbahan steel dan single sided swingarm menjadikan motor ini semakin kokoh dan kuat. Rancang bangun berdasarkan pabrik, Ia memiliki wheelbase 1.380 mmm dengan tinggi jok 811 mm dan ground clearance 149 mm.

Untuk sistem pengereman menggunakan komponen kelas wahid, dengan mengandalkan sepasang cakram depan berdiameter 320 mm yang dijepit dengan kaliper 4-piston. Untuk unit belakang menggunakan cakram berukuran 220 mm dengan kaliper 2-piston. Demi kenyamanan dan kemanan, motor ini juga dipasangkan sistem pengeraman ABS depan dan belakang.