Mengintip Performa dan Fitur Andalan OPPO Reno4

Teknologi Handphone – OPPO Reno4 tidak lama lagi akan meluncur resmi di Indonesia.Mengintip Performa dan Fitur Andalan OPPO Reno4

Mulai dari sekarang, OPPO sudah memberikan banyak bocoran mengenai smartphone tersebut, Bocoran terbaru adalah performa dan fitur andalan yang ada pada Reno4.

Seperti yang sudah kita dengar, OPPO pada awal bulan Agustus nanti akan meluncurkan smartphone barunya, OPPO Reno4 di pasar Indonesia. Meskipun belum diluncurkan secara resmi, OPPO sudah memberikan beberapa bocoran unggulan mengenai smartphone barunya itu.

Beberapa waktu lalu OPPO sudah mengupas beberapa fitur kamera yang disematkan ke dalam OPPO Reno4. Tentu saja dengan kehadiran teknologi pencitraan inovatif disertai fitur kamera terbaru menjadikan OPPO Reno4 cocok untuk dimiliki oleh mereka yang gemar atau hobi mobile photography.

Bocoran terbaru yang diungkap oleh OPPO, Reno4 diklaim sebagai smartphone kelas menengah yang punya dukungan hardware tak kalah menarik. Dikatakan, OPPO Reno4 yang bakal melenggang di pasar Indonesia ini akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 720G.Mengintip Performa dan Fitur Andalan OPPO Reno4

Dibandingkan dengan chipset MediaTek P95 yang ada pada Reno3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

Tidak hanya memiliki chipset yang lebih bertenaga, OPPO Reno4 juga sudah dibekali fitur pengisian daya VOOC 4.0. Fitur pengisian daya ini mendukung hingga 5V/6A 30W, yang dapat mengisi daya baterai 4.015 mAh hingga 50% dalam waktu 20 menit dan 100% dalam waktu 57 menit.

Dukungan lainnya yang turut diselipkan oleh OPPO ke dalam OPPO Reno4 adalah fitur Smart Spying Prevention. Ini adalah sensor pintar yang telah dsempurnakan dengan fungsi AI untuk mengidentifikasi hanya pemilik smartphone yang boleh membuka layar.

Jika ternyata sensor ini mengidentifikasi bukan pemilik smartphone, maka konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna. Untuk lebih spesifik, algoritma pencegahan privasi ini juga dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor yang canggih.

OPPO Reno4 merupakan smartphone buatan OPPO pertama yang menghadirkan full-screen gestures ke lini seri ini. Smart Air Control memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman.Mengintip Performa dan Fitur Andalan OPPO Reno4

Ada beberapa aplikasi populer yang memiliki kompabilitas tinggi dengan fitur Smart Air Control seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar.
phone tersebut. Bocoran terbaru adalah performa dan fitur andalan yang ada pada Reno4.

OPPO juga menerapkan fungsi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna, seperti Smart Always On Display. Fitur ini juga dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati.

Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan masih dapat berfungsi dengan sangat baik.

OPPO juga mengungkapkan bahwa OPPO Reno4 akan hadir dengan sistem operasi ColorOS 7.2 yang dikembangkan oleh OPPO berbasis Android 10. Sistem operasi ini hadir dengan mendukung fitur Dark Mode, terutama membantu untuk beberapa aplikasi pihak ketiga yang belum mendapatkan dukungan fitur tersebut.

Selain Dark Mode, dalam ColorOS 7.2 OPPO juga menghadirkan fitur Super Power Saving Mode. Dikatakan, fitur memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi.

Ada 6 (enam) aplikasi yang dapat ditampilkan pada layar Home dalam Super Power Saving Mode. Aplikasi Telepon, Pesan, dan Jam akan disertakan secara default, tetapi pengguna OPPO Reno4 juga dapat menggantinya secara mudah dengan aplikasi lain.

Sementara itu, ketika baterai ponsel turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Hemat Daya. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 masih dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.

Fitur lainnya adalah Super Night Time Standby. Fitur ini dirancang oleh OPPO untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna. Selain itu, fitur Super Night Time Standby juga akan mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2% sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.

Tidak kalah menarik, di dalam ColorOS 7.2 pengguna juga bisa menemukan fitur Icon Pull Down Gesture. Ini menjadi solusi terbaik untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar Home saat pengguna menggunakan smartphone dengan satu tangan.

Ketika pengguna menggeser ke arah atas, di bagian tepi kiri atau kanan layar Home, maka ikon aplikasi akan mengecil ke setiap ke sudut. Selanjutnya dengan posisi ibu jari tetap berada di layar, pengguna dapat memindahkan ikon aplikasi dan melepaskannya untuk membuka aplikasi.

Ada juga fitur Quck Return Bubble, yang merupakan gelembung ikon mengambang di layar yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika pengguna menunggu untuk respawn dalam game, mereka dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung.

Selain itu ada juga Gravity Wallpaper yang membuat wallpaper di layar Home dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna memegang perangkat. Wallpaper ini juga dapat bergerak seolah-olah ditarik oleh gaya gravitasi.