Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Teknologi Motor – Kelemahan Yamaha XMax paling mendasar dari desainnya yang dianggap terlalu besar.Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Segmen Skuter Premium terus naik daun di Indonesia, seiring bergesernya tren kendaraan sehari-hari, Salah satu skuter bongsor yang cukup banyak peminatnya yaitu Yamaha X-Max dengan mesin 250CC, Memang sosok Yamaha X-Max ini tidak fenomenal, Namun kita sebaiknya perlu tahu seperti apa kelemahan skutin bongsur ini.

Yamaha X-Max pertama kali diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) November 2016 silam.

Saat itu, Yamaha juga langsung membuka keran pemesanan Maxi Scooter bermesin 250CC ini, Krena unitnya baru di produksi pada pertengahan tahun 2017, Saat itu pembeli rela menunggu untuk memiliki skutik berbadan bongsor ini hingga lebih dari setengah tahun.

Skutik ini hadir untuk kalangan yang ingin naik kelas dari tunggangnnya bermesin 150CC, Secara posisi X-Max berada tepat di atas N-Max pada Maxi Family, Sekarang Yamaha Indonesia menjual X-Max dengan harga Rp61.475.000,-

Ragam Kelebihan Yamaha X-Max Skutik Ala Eropa :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

X-Max merupakan skutimk yang sebenarnya didesain untuk pasar Eropa, Karakternya khas Benua Biru, Berpostur bongsor dengan kapasitas mesin yang juga lebih besar, Tak hanya besar X-Max pun punya desain yang lebih garang, bertenaga dan tentunya sangat pantas untuk dikendarai lelaki tangguh.

Melihat pasar motor di Indonesia yang bagus, Maka tak heran jika Yamaha semakin tergiur untuk menjualnya di Indonesia, X-Max dengan posisi berkendara nyaman khas skutik pun dianggap layak sebagai motor harian atau untuk Tourring.

Posisi stang nya cukup tinggi dan Jok lebar, Dengan begitu pengendara tak cepat kelelahan berkendara cukup lama, Ditambah lagi keberadaan windshield bisa menghalau angin sehingga tidak menerpa dada langsung.

Sekalipun bukan moge, Tapi X-Max punya fitur khas motor sport atau tungganagn bermesin besar, X-Max disematkan starter electrik khas motor sport yang terintegrasi dengan engine cut ON>OFF di stang sebelah kanan.

nah itu tadi sekilas fitur dan kelebihan yang dimiliki Yamaha X-Max, Supaya tidak penasaran mari kita tlisik lebih dalam sososk Maxi Family Yamaha ini.

Posisi Nyaman Yamaha X-Max Asik Buat Touring :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Yamaha XMax menyediakan dua pijakan yang pas sehingga anda juga bisa selonjoran sambil riding. Posisi pijakan kaki akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Posisi pertama dengan kaki ditegak dan yang kedua ialah posisi kaki berada maju ke depan. Ketika kondisi pengendara merasa lelah, pengguna dapat meluruskan kaki dengan memijakkannya pada dek bagian depan.

Posisi riding-nya tegak khas motor touring sehingga meningkatkan kontrol serta pandangan yang baik bagi pengendara. Bagi orang berpostur tinggi, motor ini cukup ideal karena jok yang lebar dan tebal.

Seperti dijelaskan sebelumnya, desainnya memang disesuaikan untuk postur orang Eropa yang bertubuh tinggi.

Berdasarkan pengalaman pemilik XMax yang juga memiliki NMax di forum otomotif Seraya Motor, untuk karakter suspensi, keempukan jok dan getaran mesin motor ini jauh lebih enak dari NMax. Gejala suspensi keras di jalan jelek dan motor bergetar di kecepatan tinggi hilang tak terasa di motor ini.

Bagasi Besar Bisa Angkut Banyak Barang :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Bisa bawa barang bawaan lebih banyak, jadi kelebihan dari bagasi Yamaha XMax. Skutik ini cocok banget untuk anak-anak kuliah yang diharuskan bawa buku tebal, pengendara ojol, bahkan untuk dimasukkan barang-barang belanja bulanan.

Semua barang bawaan tinggal dimasukkan ke dalam bagasi. Sayangnya bila bagasi tidak cukup, kita tidak bisa menggantungnya pada hook alias cantelan.

Bagasinya super besar yang dilengkapi dengan lampu LED. Sebagai gambaran, bagasi XMax mampu menyimpan hingga 2 helm full face ukuran XL.

Masih seputar fitur penyimpan, hadir juga Electric Power Socket di kompartemen depan sebelah kiri untuk mengisi daya gawai (gadget) pengendara. Kompartemen ini bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan berukuran kecil seperti ponsel, rokok, atau kartu uang digital untuk bayar parkir supaya tidak rogoh-rogoh dompet di tas atau saku.

Itu tadi sekilas ragam fitur sang kakak NMax tersebut. Sekarang kita kuliti kelemahan atau kekurangan dari Yamaha XMax.

Beragam Kelemahan Yamaha X-Max Bumerang Desain Besar :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Konsep desain Yamaha XMax adalah skuter bongsor dengan kemampuan touring. Tidak heran, posturnya tinggi besar sehingga masuk kategori Maxi Family Yamaha.

Nah, ternyata desain XMax ini tidak begitu proporsional untuk postur orang Asia pada umumnya. Kasarnya, XMax ini kegedean untuk tinggi badan 160 cm.

Jok Lebar Bikin Repot dan Susah :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Berdasarkan data di situs web Yamaha tinggi jok XMax hanya selisih 1 cm lebih tinggi dari Nmax. Tapi kenyataannya desain jok lumayan lebar dalam kondisi standar.

Jika kalian memiliki tinggi badan di bawah 168 cm akan kesulitan menapak dan mengendalikannya terutama di tengah kemacetan.

Karena kondisi tersebut, mendorong banyak pengrajin jok menyediakan paket busa aftermarket untuk XMax yang lebih pas. Atau, tak jarang juga yang lebih memilih untuk memapasnya alias mengurangi tinggi dan sudut jok agar kaki lebih mudah menapak tanah dan tidak jinjit.

Itu baru pada pengendara, kesulitan juga dirasakan oleh penumpang karena pijakan atau foot step belakang tinggi dan joknya lebar. Orang yang bertubuh mungil harus duduk mengangkang dan kadang kakinya kesulitan memijak di foot step.

Posisi kaki penumpang XMax jelas lebih mengangkang dari NMax yang selama ini sudah dirasa kelebaran juga.

Karena posisinya ini, muncul meme bila orang yang jadi penumpang XMax kakinya yang satu di Sabang dan satu lagi di Merauke saking lebarnya.

Skutik dengan Harga Mahal :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Bicara soal harga, ini sebenarnya relatif sesuai kemampuan ekonomis individu. Yamaha XMax dibanderol dengan harga Rp61.475.000, cukup lumrah untuk motor bermesin 250 cc.

Bagi sebagian orang memang mahal, tapi kalau hobi pasti akan ditebus Ada pepatah, tidak ada yang mahal di dunia ini, yang ada hanyalah ada atau tidak kemampuan kita untuk membelinya.

Kelemahan Yamaha XMax, Spare Part Sulit Dicari :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Ini yang sebenarnya menjadi kendala bagi pemakainya, jarang ada toko yang jual onderdil XMax karena populasinya tidak banyak. Tapi jika Anda langsung meluncur ke diler resmi kemungkinan di sana menyediakan untuk spare part fast moving.

Bodi Gambot Bikin Susah Selap Selip :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Melarnya dimensi bodi Yamaha XMax akan membuat kalian yang sebelumnya terbiasa mengendarai motor ramping akan kesulitan bermanuver terutama di tengah kemacetan.

Memang, skutik ini bukan diciptakan untuk full sebagai komuter sehari-hari. Desainnya yang bongsor ini lebih pas dipakai untuk touring.

Kelemahan Yamaha XMax Spesifikasi Mesin Tidak Istimewa :Kelemahan Yamaha X-Max Bertubuh Lebih Bongsor

Sebagai motor touring, Yamaha XMax memiliki desain yang nyaman untuk perjalanan jauh. Sayangnya, performa mesin dari skuter bongsor itu tidak istimewa untuk ukuran 250 cc.

Power motor ini enggak gede di atas kertas, karena cuma 22,5 hp yang dihasilkan mesin 1 silinder 250cc.

Sekalipun tidak terlalu besar, tapi cukup untuk perjalanan jauh. Suara motor tetap halus dan torsi melimpah tanpa perlu ‘ngeden’ ketika dipacu pada kecepatan di atas 70 km/jam.

Karena volumetrik silinder lebih besar dibandingkan NMax, penggunaan dalam kota tidak ada lagi suara berisik dan mesin terdengar bekerja keras. Tapi kondisi ini terjadi pada NMax saat riding diatas 70 km/jam.

Sebagai informasi tambahan, tenaga XMax ini lebih besar 7,1 hp dibandingkan New NMax bermesin 155 cc VVA.