Indonesia Menjadi Nomor Dua Paling Banyak Download TikTok

Teknologi Media – Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi kategori yang paling banyak diunduh di seluruh dunia per juli 2020 selain gim. Aplikasi di bawah naungan Bytedance tersebut, berdasarkan laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, sudah mengantongi lebih dari 65,2 juta unduhan. Dimana hal tersebut setara dengan 21,4 persen (13.952.800) peningkatan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Negara-negara yang melakukan pemasangan aplikasi TikTok terbanyak selama periode ini adalah pengguna berbasis di Amerika Serikat dengan 9,7 persen (1,3 juta) pengguna dan Indonesia dengan 8,5 persen (1,2 juta) pengguna, ucap Julia Chan, Mobile Insights Analyst dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Dalam laporan 10 besar untuk aplikasi yang bukan kategori gim di seluruh dunia per Juli 2020 tersebut, Facebook menempati posisi kedua yaitu dengan total lebih dari 53,6 juta unduhan.

Negara-negara dengan jumlah pemasangan aplikasi Facebook terbesar adalah negara India dengan 23,1 persen unduhan, diikuti oleh Indonesia dengan 9,1 persen, kata Julia.

Untuk posisi ketiga, keempat dan kelima adalah aplikasi ZOOM, Instagram, dan WhatApp sebagai aplikasi yang bukan kategori gim paling banyak dipasang di seluruh dunia pada bulan tersebut.

Adapun untuk posisi keenam sampai kesepuluh diisi oleh aplikasi Messenger, Google Meet, Snack Video, Linkee, dan YouTube.