iMac 27 Inci (2020) Pakai Prosesor Terbaru, SSD, dan Layar Nano-Texture

Teknologi Komputer dan Laptop – Apple memperbarui komputer iMac 27 inci di tahun 2020 ini.iMac 27 Inci (2020) Pakai Prosesor Terbaru, SSD, dan Layar Nano-Texture

Komputer all-in-one ini kini menggunakan prosesor terbaru dari Intel, penyimpanan SSD, dan memiliki pilihan layar seperti monitor Pro Display XDR, yaitu dengan Nano-Texture.

Memang pembaruan ini bukanlah seperti rumor yang beredar sebelum WWDC20, yaitu dengan desain baru. iMac ini juga masih menggunakan prosesor Intel, bukan prosesor Apple Silicon. Tapi memang juga ada rumor yang menyebut kalau Apple akan merilis iMac baru dengan desain sama sebelum melompat ke Apple Silicon.

Yang Baru di iMac 27 inci (2020) :iMac 27 Inci (2020) Pakai Prosesor Terbaru, SSD, dan Layar Nano-Texture

iMac terbaru ini kini memakai prosesor Intel Core generasi 10, baik yang memiliki 6-core dan 8-core. Selain itu ada pula pilihan yang memakai prosesor 10-core (i9) yang bisa menendang performa sampai 5.0GHz.

Apple juga melengkapi iMac 2020 dengan GPU AMD terbaru, yaitu seri Radeon Pro 5000 dengan arsitektur RDNA terbaru. Ada Radeon 5300, 5500XT, dan 5700XT (16GB VRAM).

Kemudian iMac terbaru ini juga sudah menggunakan penyimpanan SSD (sampai 8TB). Apple menyebutkan kalau performa transfer datanya bisa mencapai 3,4GB/s. Apple juga menyematkan chip keamanan Apple T2 untuk mengontrol enkripsi berkas di penyimpanan SSD ini.

Walau desain iMac ini belum menyamai monitor Pro Display XDR seperti rumor, Apple membawa teknologi True Tone dan layar Nano-Texture monitor itu ke komputer ini. Layar iMac kini mampu menghadirkan gambar berkualitas 5K dengan kecerahan 500 nits dan mendukung cakupan warna standar P3.

Kaca Nano-Texture memiliki lapisan khusus yang akan membuat gambar memiliki tampilan matte, sehingga menyerupai gambar di kertas. Sayangnya, kaca ini harus dibersihkan dengan kain berbahan khusus.

Selain pembaruan spesifikasi di atas, Apple juga menaruh kamera FaceTime HD dengan resolusi 1080p. Kamera ini juga dilindungi oleh Image Signal Processor yang ada di chip keamanan Apple T2.

Di samping iMac 27 inci (2020), Apple juga memperbarui iMac 21,5 inci dengan penyimpanan SSD dan iMac Pro dengan prosesor Intel Xeon yang punya 10-core.