Huawei MatePad Menyediakan Akses ke Ekosistem Pendidikan

Teknologi Handphone – Dirilis pada bulan Juli 2020 lalu, Huawei MatePad berfokus pada pembelajaran serta hiburan melalui berbagai aplikasi untuk anak-anak. Tablet ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur Kids Corner, yang menyediakan berbagai pendidikan sekaligus hiburan yang dibantu dengan ekosistem digital yang cerdas.

Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group Indonesia, Lo Khing Seng mengatakan bahwa Huawei memiliki komitmen untuk terus mengembangkan teknologi serta menjawab kebutuhan pasar dengan memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna termasuk orang tua dan anak-anak, seperti fitur Kids Corner yang terdapat pada Tablet Huawei MatePad.

Aplikasi, video, serta gambar yang terdapat dalam Kids Corner pada Huawei MatePad dapat di unduh secara bebas kepada anak-anak, sehingga anak-anak dapat mengakses fungsionalitas tablet dengan aman disaat belajar online. Orang tua juga bisa mengaktifkan pengaturan otomatis, yang mana pengaturan ini dapat menyortir aplikasi anak-anak kedalam folder yang ditentukan untuk pengalaman yang lebih nyaman, tegasnya.

Fitur Kids Corner merupakan interface yang dirancang secara khusus untuk anak-anak, dengan cepat menyesuaikan aplikasi agar sesuai dengan anak-anak. Tablet Huawei MatePad ini juga memungkinkan anak-anak dapat merasakan semua manfaat yang terdapat pada tablet pintar dengan empat modul dasar yaitu, Recorder, Camera, Multimedia, dan Kids Painting tanpa membuat orang tua khawatir.

Modul Recorder dapat membuat anak-anak belajar dan bermain dengan merekam suara mereka. Modul Camera dapat memberikan anak-anak lingkungan yang aman untuk mengambil gambar objek serta orang terdekat.

Modul Multimedia dapat memberikan anak-anak mengakses hiburan dengan pengaturan kontrol pada apa saja yang mereka akses dan dapat diatur oleh orang tua. Dan Modul Kids Painting dapat memberikan anak-anak untuk belajar lebih kreatif dan menjelajahi seni digital dengan menggambar, membuat sketsa, dan melukis.

Huawei MatePad juga menghadirkan konten edutainment (education dan entertainment) serta memberi dukungan berbagai opsi kontrol orang tua untuk melakukan pengawasan anak dalam menggunakan tablet. Kids Corner di Huawei MatePad hadir dengan memberikan berbagai macam fitur baru untuk menambah pengalaman kepada pengguna yaitu, peringatan jarak, unrestricted apps, kustomisasi desktop, manajemen konten, penambahan aplikasi secara otomatis serta pengaturan otomatis.

Fitur peringatan jarak yang terdapat pada Huawei MatePad digunakan untuk memandu anak untuk selalu berjaga jarak mata dengan layar yang sesuai. Saat penggunaan terlalu dekat, tablet akan pudar menjadi hitam dan putih setelah itu layar akan terkunci.

Fitur aplikasi tanpa batas yang terdapat dalam tablet Huawei MatePad ini dapat memberikan orang tua menetapkan batas waktu pengguanan tablet untuk aplikasi hiburan, multimedia dan game, sementara aplikasi pendidikan dapat digunakan tanpa batas waktu. Fitur tersebut akan membantu anak-anak mencapai keseimbangan yang baik antara bermain game dengan belajar.

Kids Corner juga memberikan orang tua menyesuaikan beranda yang diinginkan sesuai kebutuhan mereka. Dengan fitur penyesuaian desktop yang ada pada tablet ini, orang tua juga dapat mengunci fitur tertentu di dalam Kids Corner dengan kata sandi, sehingga dapat mencegah anak-anak mengakses konten yang tidak sesuai dengan umur mereka.

NPU Da Vinci dalam chipset Kirin 810 yang digunakan dalam Huawei MatePad menggunakan tenaga dengan daya komputasi Ai dengan smart audio untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak.

Bahkan, Huawei telah menghadirkan Petal Search Widget – Find Apps, yang merupakan alat pencarian baru yang dapat memberikan akses kepada berbagai pengguna Huawei menuju sejuta aplikasi yang saat ini dapat diunduh dengan mudah di AppGallery.

Huawei MatePad adalah salah satu usaha Huawei dalam memberikan pengalaman luar biasa untuk anak-anak dan orang tua dapat diwujudkan dalam fitur Kids Corner. Dengan adanya fitur tersebut diharapkan kegiatan belajar dan bermain di rumah untuk anak-anak menjadi lebih menyenangkan, ucap Khing Seng.