Galaxy S21 Akan Hadir Tanpa Sensor ToF

Teknologi Handphone – Samsung diberitahukan tidak akan melengkapi smartphone Galaxy S21 dengan sensor ToF (Tim-of-Flight). Hal tersebut serupa dengan flagship dari smartphone Galaxy Note 20, yang juga hadir tanpa menggunakan sensor tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (17/8/2020), Samsung telah memutuskan untuk tidak menggunakan sensor ToF pada smartphone Galaxy S21, hal tersebut dikarenakan tidak ada cukup kasus penggunaan untuk teknologi tersebut untuk saat ini. Sementara itu, teknologi ToF yang digunakan oleh Samsung juga dilaporkan kurang kuat jika dibandingkan dengan yang digunakan langsung oleh Apple.

Teknologi ToF yang digunakan oleh Apple merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Sony. Sedangkan untuk Samsung tidak dapat menggunakan teknologi tersebut, hal ini dikarenakan Apple telah mempunyai kesepakatan eksklusif dengan Sony.

Walaupun demikian, Samsung tidak pantang menyerah. Perusahaan Samsung dilaporkan mengembangkan sensor gambar yang mampu meningkatkan teknologi ToF yang digunakannya.

Tetapi, Perusahaan akan melakukan pertimbangan untuk menggunkanannya setelah melihat bagaimana Apple mengimplementasikan teknologi ToF di berbagai produk-produk terbaru nantinya, dan respons pasar.

Galaxy S20 Fan Edition Hadir di Geekbench dengan Exynos 990

Selanjutnya, Samsung juga dilaporkan tidak hanya akan menerbitkan smartphone Galaxy S20 Fan Edition dengan menggunakan chipset Snapdragon 865. Smartphone Galaxy S20 tersebut juga akan terbit dengan menggunakan chipset Exynos kepunyaan Samsung.

Smartphone Galaxy S20 Fan Edition dengan nomor model SM-G780F hadir di benchmart platform, Geekbench. Dimana terdapat keterangan bahwa chipset yang digunakan merupakan chipset Exynos 990.

Benchmark tersebut juga memperlihatkan smartphone Galaxy S20 Fan Edition akan mempunyai RAM 8GB.

Sebelumnya, Smartphone Galaxy S20 Fan Edition dengan nomor model SM-G781B hadir di Geekbench dengan menggunakan chipset Snapdragon 865 dengan kapasitas RAM hanya 6GB.

Pengumuman Galaxy S20 Fan Edition

Sejauh ini masih belum ada konfirmasi yang dilakukan oleh pihak Samsung terkait tentang waktu kehadiran smartphone tersebut. Tetapi berdasarkan laporan yang sudah beredar luas, Samsung akan mengumumkannya pada kuartal IV 2020.

Berdasarkan laporan sebelumnya, Smartphone Galaxy S20 Fan Edition tersebut akan mempunyai layar FullHD+ dengan refresh rate 120Hz dan memiliki ukuran layar antara 6,5 inci dan 6,7 inci.