Delage D12 Hybrid Siap Pecahkan Rekor di Jalan Raya

Teknologi Mobil – Setelah produk pertamanya vakum selama 65 tahun, merek mobil balap bersejarah dari Prancis, Delagu sudah siap untuk memecahkan rekor tercepat di jalan raya secara legal dengan model D12 Hybrid.

Pada tahun 1905 Delage didirikan sebagai produsen mobil balap. Perusahaan ini telah banyak memenangkan gelar, seperti Grand Prix Eropa pada tahun 1924 di Lyon dengan merek 2LCV, sebelum akhirnya merintis mobil mewah D6 dan D8.

Tetapi, Delage berakhir melakukan produksi mobil pada tahun 1954. Sudah selama 65 tahun merek ini vakum, sampai akhirnya dapat kembali bankit di tangan CEO Laurent Tapie pada tahun 2019.

Memasuki tahun kebangkitan merek tersebut, Delage akan melakukan produksi mobil dengan merek D12 Hybrid pada tahun depan. Mobil dengan merek tersebut akan diproduksi sebanyak 30 unit dengan perkiraan harga mencapai US$ 2,3 juta yang setara dengan Rp. 33 miliar sesuai kurs sekarang ini.

Serpti yang dikabarkan oleh Autocar, Jumat (21/8/2020), merek D12 adalah mobil hypercay yang dapat memberikan pengalaman berkendara layaknya Formula 1. Mobil dengan merek D12 juga siap memecahkan rekor untuk lap tercepat sebagai mobil produksi legal jalan raya di Nürburgring, Jerman.

Untuk sekarang ini, rekor tercepat mobil produksi legal di jalan raya masih dipegang oleh Lamborghini Aventador SVJ yang mencatat waktu putaran 6 menit 44,96 detik pada bulan Juli 2018.

Delage akan membuat mobil dengan dua versi hypercar hybrida, yaitu dengan merek D12 GT dengan spesifikasi teratas dan merek D12 Club yang lebih ringan serta lebih fokus pada trek.

Pada bagian bawah kap, D12 akan menampilkan mesin V12 berkapasitas 7,6 liter yang akan dikawinkan dengan motor listrik output rendah untuk gabungan 1.100hp. Tenaga tersebut akan disalurkan kedalam roda melalui 8 kecepatan transmisi manual.

Di bawah kap, D12 akan menampilkan mesin V12 7,6 liter dan dikawinkan dengan motor listrik output rendah untuk gabungan 1.100 hp. Tenaga ini bakal disalurkan ke roda melalui 8 kecepatan transmisi manual.