Chipset A14 Bionic Akan Digunakan iPhone 12

Teknologi Handphone – Seperti yang sudah diketahui bahwa peluncuran iPhone 12 mengalami penundaan, di tengah kabar penundaan tersebut, terdengar isu bahwa Apple telah merampungkan chipset A14 bionic generasi terbaru.

Berdasarkan TSMC, selaku perusahaan semikonduktor langganan perusahaan Apple, baru-baru ini menerbitkan beberapa rincian tentang proses pembuatan chipset 5nm yang akan digunakan mereka, sebagian besar diharapkan dapat menjadi dasar A14.

Dikabarkan melalui First Post, Apple akan segera melakukan produksi chipset Apple A14 dan akan digunakan pada smartphone Apple selanjutnya yaitu iPhone 12 Series. Dimana untuk chipset A14 ini akan didukung konektivitas 5G.

Fabrikasi 5nm yang terdapat pada chipset A14 bionic tersebut merupakan peningkatan besar pada seri Apple terbaru. Kemungkinan chipset A14 ini akan setara dengan chipset yang tertanam pada iPad Pro 2019. Chipset A14 ini dikatakan akan 30 persen lebih hemat jika dibandingkan dengan A13 yang dibangun dengan proses 7nm serta chipset ini juga akan memberikan daya sampai 15 persen lebih banyak.

Kabar sebelumnya mengatakan bahwa iPhone 12 akan dibagi dalam dua tahap peluncuran. Pada tahap pertama yaitu peluncuran iPhone 12 dengan menggunakan layar berukuran 6,1 inci.

Sedangkan untuk tahap kedua akan meluncurkan dua varian lain dari iPhone 12 yaitu dengan menggunakan ukuran layar 6,7 inci dan 5,4 inci. Tetapi sangat disayangkan, masih belum diketahui nama pasti dari kedua perangkat smartphone tersebut.

Sejauh ini masih belum ada informasi yang beredar tentang peluncuran seri iPhone 12 ini. Tetapi, peluncuran iPhone 12 ini akan digelar setelah bulan September 2020. Untuk harga yang ditawarkan dari, iPhone 12 diperkirakan dapat dibanderol dari harga $649 atau setara dengan Rp. 9,5 juta.