Benarkah Jika Smartphone Android di Riset Factory Akan Mambuat Smartphone Tersebut Labih Enteng?

Teknologi – Kondisi Smartphone yang lelet atau lambat memang sangat mengesalkan.Benarkah Jika Smartphone Android di Riset Factory Akan Mambuat Smartphone Tersebut Labih Enteng?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa riset ulang seperti factory riset bisa membuat perangkat kembali kencang arau rasa lelet yang di temukan menjadi hilang.

1. Apa fungsi factory reset?

Dikutip dari berbagai sumber, factory reset adalah metode yang digunakan oleh pengguna untuk mengembalikan pengaturan di perangkat kembali ke kondisi atau pengaturan awal seperti saat perangkat dirilis ke pasar oleh vendor.

Artinya semua pengaturan yang pernah Anda buat akan kembali ke kondisi saat Anda baru membelinyaa. Data yang tidak dibuat cadangan atau backup saat melakukan factory reset akan ikut terhapus.

2. Bagaimana cara melakukan factory reset di Android?

Halaman situs Android Google bagian support menjelaskan bahwa di semua smartphone terdapat fitur factory reset yang bisa diakses dari bagian Settings.

Apabila cara tersebut tidak bisa dilakukan, misalnya akibat kondisi hard brick sehingga smartphone tidak bisa melakukan booting maka bisa diakses dengan cara menekan tombol Power dan Volume bersamaan.

3. Apakah factory reset bisa membuat smartphone Android menjadi cepat?

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang dikumpulkan Medcom.id tidak ada penjelasan pasti bahwa melakukan factory reset secara berkala bisa mempercepat smartphone yang sudah lambat.

Beberapa pihak mengakui bahwa factory reset membuat smartphone kembali terasa kencang karena semua aplikasi dan data yang selama ini sudah memenuhi memori perangkat menjadi terhapus, Kondisi ini terasa sama seperti saat perangkat ini baru pertama kali digunakan.

Jadi saat Anda sudah kembali menggunakannya dalam waktu yang lama dengan banyak aplikasi dan data mungkin smartphone Anda juga bakal terasa lamban lagi.

Kemungkinan lainnya adalah perangkat Anda terdapat bug atau masalah dari aplikasi.

Makanya factory reset bisa ikut menghapus bug tersebut karena aplikasi tadi terhapus dan perangkat kembali ke kondisi sebelum Anda pernah memasang aplikasi yang salah satunya bermasalah.

Di sini sudah jelas bahwa factory reset tidak sepenuhnya berpengaruh untuk membantu smartphone Anda kembali menjadi cepat.

Kami mengimbau apabila Anda butuh melakukan factory reset sebaiknya dilakukan beberapa bulan sekali atau minimal sekali dalam setahun karena proses backup data mungkin sangat lama.