Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang di iPhone

TeknologiĀ  Handphone – Para pengguna smartphone baik secara sengaja ataupun tidak sengaja pastinya pernah merasakan kehilangan data yang ada di smartphone mereka. Dan dari mereka kebanyakan tidak mengetahui bagaimana caranya mengembalikan data yang hilang tersebut. Kehilangan data yang sangat penting seperti teks atau foto tentunya sangat tidak diinginkan, apalagi bagi anda para pengguna iPhone, dimana jika memori smartphone anda penuh harus menghapus atau memindahkan sebagian data, karena tidak memiliki ruang penyimpanan eksternal.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir jika teks, foto, dan video terhapus di ponsel cerdas Anda, Anda dapat memulihkannya kembali. Apalagi bagi Anda pengguna iPhone dan menggunakan sistem operasi iOS 8 ke atas. Berikut beberapa cara mudah untuk mengembalikan data yang terhapus di iPhone.

– Penampil iBackup

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil data di penyimpanan iPhone yang dihapus. iBackup Viewer menawarkan berbagai fitur seperti Backup dan dukungan iCloud.

– Abaikan iCloud

Anda dapat mencadangkan iPhone dengan dua cara, yaitu iCloud dan melalui PC. Anda dapat mencadangkan data secara nirkabel dari iPhone ke iCloud. Dengan masuk ke menu pengaturan perangkat > iCloud > Cadangkan > Cadangkan Sekarang. Namun, jika Anda menghapus kontak, foto, dan catatan dari iPhone Anda, file tersebut juga akan dihapus dari iCloud. Jadi, sangat disarankan untuk mencadangkan data di PC, yang dapat dikembalikan nanti saat diperlukan.

– Cadangkan Setiap Bulan

Untuk menjaga keamanan data disarankan untuk mencadangkan data iPhone menggunakan PC setiap bulan. Cara ini akan membuat file backup yang bisa digunakan jika pesan teks, foto, dan file di smartphone dihapus.

– Aplikasi Foto

Jika Anda ingin memulihkan foto yang terhapus secara tidak sengaja, Anda dapat melakukannya. Buka galeri foto di iPhone lalu Klik Momen. Lihat opsi Album di bagian bawah, ada bagian Momen dan cari folder “Baru Dihapus” lalu Anda dapat membukanya lagi, iOS secara otomatis menyimpan foto yang dihapus ke dalam folder itu, dalam waktu 30 hari. Namun, jika sudah lewat 30 hari, foto tersebut akan otomatis terhapus secara permanen.

– Gunakan iTunes

Anda dapat memulihkan data lama menggunakan iTunes dengan menghubungkan iPhone Anda dan membuka iTunes, lalu pastikan iCloud dimatikan di iPhone Anda, di iTunes Anda dapat mengklik kanan pada perangkat lalu pilih cadangan.

Cara mengembalikan data yang terhapus di iPhone sangat mudah apabila dilakukan dengan benar. Semoga berhasil!