Begini Cara Menghubungkan Airpods ataupun Airpods Pro ke Smartphone Android

Teknologi Handphone – Jika Anda mengira AirPods dan Airpods Pro hanya berfungsi untuk perangkat Apple, Anda salah. Anda dapat menggunakan AirPods dan AirPods Pro di Android selama keduanya memiliki koneksi Bluetooth. Seperti yang diketahui selama ini bahwa jutaan perangkat termasuk Android menggunakan standar Bluetooth yang mayoritas sama. Standar seperti Bluetooth dan banyak codec di AirPods atau Airpods Pro juga bisa berfungsi di Android dan PC, tidak hanya di Apple. AirPods bisa menjadi alternatif bagi pengguna smartphone Android, seperti Samsung, LG, Nokia, dan Google Pixel.

Cara mengkoneksikan AirPods atau Airpods Pro ke Android

– Pertama, pastikan AirPods atau Airpods Pro Anda berada di dalam casingnya sebelum siap untuk disambungkan.

– Tekan lama tombol putih di bagian belakang casing hingga LED putih menyala. Nanti untuk mematikan perangkat cukup tekan lagi tombol ini sampai lampu LED mati,

– Buka menu Bluetooth di smartphone Android,

– Kemudian cari perangkat yang tersedia. AirPods atau Airpods Pro akan muncul selama lampu LED pada casing masih menyala,

– Kemudian tekan “Pair” atau “Pasangkan”, dan smartphone Android akan terhubung ke AirPods atau Airpods Pro. Selesai!

Setelah terhubung, AirPods atau Airpods Pro kemudian akan terhubung secara otomatis saat Bluetooth aktif di ponsel Android. Namun, bagaimana jika tidak dapat terhubung?

Masalah paling umum adalah Android tidak dapat menemukan koneksi AirPods. Ini dapat terjadi jika AirPods atau Airpods Pro Anda masih terhubung ke perangkat lain. Atau mungkin AirPods atau Airpods Pro kehabisan baterai.

Solusi lain adalah memulai ulang Bluetooth di Android. Matikan Bluetooth lalu hidupkan kembali. Lakukan hal yang sama dengan AirPods atau Airpods Pro. Untuk memastikan bukan ponsel cerdas yang menjadi masalahnya, coba sambungkan AirPods atau Airpods Pro dengan perangkat lain. Jika Anda bisa terhubung, maka masalahnya ada pada smartphone.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah jarak. Kedua perangkat tersebut terhubung menggunakan Bluetooth, artinya ada jarak maksimal jika terlampaui maka koneksi akan terputus. Ini juga yang sering menjadi masalah pada koneksi awal. Jadi pastikan jarak antara AirPods atau Airpods Pro dan Android tidak terlalu jauh.

Itu dia, cara menggunakan AirPods atau Airpods Pro di Android teman-teman dan solusi yang tidak sulit sama sekali. Semoga berhasil!