Balai Lelang, Harga Mobil Bekas Bisa Lebih Murah, Ini Penyebabnya

Teknologi Mobil – Keberadaan balai lelang kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu alternatif untuk para konsumen, yang ingin melakukan pembelian mobil bekas dengan harga yang lebih murah. Tidak dipungkiri bahwa, rata-rata harga yang ditawarkan oleh balai lelang di bawah dari harga pasaran.

Hal tersebut tentunya dapat menjadi pertimbangan tersendiri untuk para calon pembeli saat berburu kendaraan second dengan harga yang jauh lebih murah. Selisih harga antara yang dijual di dealer dengan di balai lelang mulai dari jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah tergantung dari proses lelang yang berlangsung.

Perbedaan tersebut salah satunya disebabkan oleh kondisi mobil yang dijual pada balai lelang merupakan apa adanya tanpa dipoles atau dilakukan perbaikan terlebih dahulu.

Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur Ibid- Balai Lelang Serasi mengatakan bahwa kondisi mobil yang dijual melalui balai lelang memang berbeda jika dibandingkan dengan mobil yang berada di showroom.

Jika mobil yang berada di dealer sudah dilakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum dilakukan penjualan, namun berbeda dengan balai lelang yang menawarkan dalam kondisi apa adanya.

Unit yang kami lelang ini juga memang kondisinya apa adanya, kalau yang dijual di showroom bisanya sudah diperbaiki terlebih dahulu baru dijual, ucap Daddy.

Walaupun demikian, Daddy menambahkan, bahwa unit yang ditawarkan juga sudah disesuaikan dengan grade-gradenya. Grade tersebut disesuaikan dengan kondisi dan keadaan mobil yang dijual. Semakin bagus gradenya, otomatis konsidinya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan grade yang ada di bawahnya.

Semua mobil sudah ada gradenya, seperti grade A itu yang paling bagus kondisinya, kemudian grade B itu berkurang sedikit dan grade C juga berkurang lagi kondisinya, kata Daddy.

Menurut Daddy, grade dari kendaraan tersebut juga akan menentukan tinggi rendahnya harga lelang yang dibuka oleh balai lelang. Semakin tinggi grade kendaraan tersebut, maka tentunya harganya juga akan lebih mahal jika dibandingkan dengan grade yang ada di bawahnya.

Kondisi dan keterangan unit juga dapat dilihat langsung melalui website resmi balai lelang. Dengan begitu, para calon peserta lelang juga dapat memastikan dan memperkirakan sendiri kondisi mobil yang akan dibelinya, ucap Daddy.

Untuk mobil Toyota Avanza lansiran tahun 2019 dengan tipe G yang dijual di pasar online sekitar Rp. 160 jutaan. Sedangkan mobil dengan jenis serta tipe yang sama pada balai lelang memiliki harga Rp. 139 juta.

Untuk Tipe laiinya seperti Toyota Calya 1.2 G manual keluaran tahun 2018 pada situs jual beli daring memiliki tawaran harga Rp. 80 jutaan. Sementara di balai lelang harga yang ditawarkan yaitu Rp. 71,5 juta dengan jenis, tipe dan tahun yang sama.