Samsung Luncurkan Odyssey G9, Monitor Gaming Paling Lengkung Di Dunia!

Teknologi Komputer dan Laptop – Dilansir dari Newzoo Consumer Insight, saat ini industri gim di seluruh dunia tengah berkembang pesat. Indonesia sendiri adalah salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara, dimana tercatat pada tahun 2019 telah menghasilkan pendapatan hingga USD 1,1 miliar. Data lain mengatakan bahwa di tahun 2020 dari total pengguna internet diketahui sebanyak 21%nya bermain gim di PC. Berdasarkan hasil survey tersebut, Samsung melihat peluang yang ada dan mencoba meramaikan persaingan dalam menghadirkan Monitor gaming. Tepat hari ini (24/7), Samsung Electronics Indonesia meluncurkan monitor gaming lengkung terbarunya yaitu Samsung Odyssey G9.

Pabrikan asal Korea Selatan itu mengklaim bahwa monitor Odyssey G9 adalah monitor gaming pertama di dunia yang memiliki tingkat kelengkungan layar 1000R. Arti dari 1000R disini adalah ketika monitor ini dijejerkan menjadi satu, nantinya akan membentuk suatu lingkaran dengan diameter 1 meter. Jadi bisa diartikan, Odyssey G9 memiliki rancang bangun layar paling lengkung di dunia sehingga menjanjikan pengalaman bermain gim yang lebih optimal.

Odyssey G9 memiliki ukuran layar sebesar 49 inci dengan aspect ratio 32:9. Refresh rate yang dimilikinya terbilang cukup tinggi hingga 240 Hz yang diklaim Samsung 4 kali lebih cepat dari monitor biasa. Yang menghasilkan gambar lebih responsif dalam bermain gim. Kualitas gambar yang tajam dalam menampilkan gerakan cepat juga didukung oleh response time 1 ms.

Odyssey G9 sendiri sudah menggunakan teknologi QLED khas Samsung yang digadang-gadang dapat menampilkan warna dengan kualitas tinggi, serta dibekali dengan resolusi 5120 x 1440 piksel (Dual Quad HD). Tidak hanya dalam bermain gim saja, aspect ratio 32:9 juga diperlukan untuk meningkatkan produktivitas di kantor dimana nantinya dapat menampilkan lebih banyak aplikasi seperti Microsoft Excel.

Panel yang digunakan pada layar Samsung Odyssey adalah tipe Vertical Alignment (VA). Alasan mereka menggunakan teknologi panel jenis ini adalah agar mampu menghadirkan kontras yang lebih baik, refresh rate tinggi dan response time yang cepat.

Desain Odyssey G9 sendiri mengusung eksterior futuristik berwarna putih dan memiliki efek Infinity Core Lighting. Dukungan ini memungkinkan pancaran 52 warna berbeda dan lima opsi efek pencahayaan di belakang layar sehingga diklaim cocok dengan berbagai setup gaming dan menambah keseruan sesi bermain. Efek Infinity Core Lightning mengingatkan saya pada beberapa monitor gaming Asus yang juga menampilkan pencahanyaan di salah satu sisinya.

Selain Odyssey G9, hari ini Samsung juga memperkenalkan monitor gaming Odyssey G7. Beberapa perbedaan antara G9 dan G7 adalah aspect ratio G7 mengusung 16:9 dengan resolusi 2560 x 1440 piksel. Ada pun dukungan HDR pada G9 dalah HDR 1000, sementara G7 mendukung HDR 600.

Samsung Odyssey G9 akan segera hadir di Agustus 2020 bersamaan dengan Odyssey G7. Harga yang dibanderol untuk Odyssey G9 adalah Rp24.999.000. Sedangkan Odyssey G7 dibanderol dengan Rp13.499.000 (32 inci) dan Rp11.999.000 (27 inci).