Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon Mana Pilihan Terbaik

Teknologi – Chipset merupakan komponen terpenting dalam sebuah perangkat smartphone layaknya otak yang mengendalikan beragam proses kinerjanya.Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon Mana Pilihan Terbaik

Chipset pada smartphone memuat lebih banyak komponen dibanding yang ada di perangkat komputer. Mengapa demikian? Pasalnya, penerapan di perangkat seluler mengacu pada System on Chip (SoC).

System on Chip merupakan sirkuit yang mengintegrasikan hampir semua perangkat keras seperti GPU, CPU, ISP (Image Signal Processor), modem, sensor, dan komponen lainnya.

Memilih chipset menjadi penting bagi pengguna smartphone karena menentukan kinerja dan kualitas perangkat sesuai keinginan atau kebutuhan.

Ada berbagai chipset dalam industri perangkat seluler yang familiar bagi pengguna smartphone Android sebut saja Snapdragon, Exynos, dan MediaTek.

Chipset Snapdragon dan Exynos berada di garda depan dalam perlombaan chipset terbaik di Android. Tak heran jika orang selalu membandingkan chipset Exynos vs Snapdragon ketika hendak memilih perangkat.

1. Exynos :Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon Mana Pilihan Terbaik

Exynos adalah Chipset buatan Samsung Electronics yang dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM, Chipset Exynos ini bisa ditemui pada ponsel pintar kelas atas seperti Samsung Galaxy S10 yang menggunakan Exynos 9820.

ada juga pabrikan smartphone lain yang menggunakan Chipset Exynos seperti seri Flagship Meizu yaitu Meizu Pro 6 Plus.

Ada beberapa alasan vendor smartphone menggunakan Chipset Exynos biasanya memiliki kinerja baterai yang lebih optimal, Pengolahan grafis yang tinggi dan mendukung aktivitas multitasking maupun game berat.

Biasanya smartphone dengan prosesor Exynos menggunakan inti ARM murni, Inti Costum atau bisa juga campuran keduanya, Inti Murni misalnya ARM Cortex-57 dan ARM Cortex-A53, Sementara inti costum misalnya Exynos M Series.

Untuk urusan pemroses grafis alias GPU, Samsung biasa mengandalkan GPU bawaan ARM yaitu Mali, Ataupun GPU buatan PowerVR.

Bagi pengguna setia Samsung, Chipset Exynos adalah yang terbaik, Hanya saja nggak semua orang bisa berkesempatan menggunakan smartphone dengan prosesor Exynos karena harganya relatif mahal.

Alhasil banyak yang mengalihkan pilihannya pada chipset yang juga menjangkau smartphone untuk kalangan menengah seperti Helio Mediatek dan Qualcomm Snapdragon.

2. Snapdragon :Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon Mana Pilihan Terbaik

Qualcomm Snapdragon menjadi Chipset sejuta umat, karena banyak digunakan mulai dari smartphone kelas atas hingga bawah, Chipset ini dikenal karena kemampuan pengolahan grafis dengan dukungan GPU Adreno yang sangat baik.

jadi prosesor single core milik Qualcomm Snapdragon bisa menyaingi prosesor dual core yang dimiliki oleh prosesor merek lain.

Smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon juga di kenal hemat beterai dan punya performa handal untuk multitasking maupun memainkan pemain berat.

Chipset Qualcomm Snapdragon memiliki seri 200, 400, 600, dan 800 seri paling muktahir punya kehandalan dalam bidang dan kecepatan pengolahan data.Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon Mana Pilihan Terbaik

Chipset Qualcomm Snapdragon biasanya menggunakan inti ARM murni seperti ARM Cortex-A72 atau menggunakan inti custom yang dikembangkan sendiri yakni Kyro yang menjadi suksesor dari Krait dan Scorpion.

Untuk pengolah grafisnya prosesor Qualcomm Snapdragon biasa mengandalkan GPU buatan Qualcomm sendiri yaitu Adreno.

Di balik kehandalannya prosesor Qualcomm Snapdragon masih kepayahan untuk menyembunyikan dan mengatur suhu ponsel.

Tak jarang smartphone kerap panas berlebih sehingga aplikasi yang terbuka menjadi berat dan membuat kenyamanan pengguna berkurang.

Kelebihan Chipset Samsung Exynos dan Chipset Qualcomm Snapdragon :Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon Mana Pilihan Terbaik

Ada dua chipset yang laris digunakan di smartphone Android, Supaya lebih jelas kamu bisa melihat kelebihan Chipset Samsung Exynos dan Chipset Qualcomm Snapdragon di tabel ini.

Dari penjabaran Chipset Samsung Exynos vs Chipset Qualcomm Snapdragon di atas sebenarnya sudah tercantum beberapa kelebihan.

Kekurangan Chipset Samsung Exynos dan Chipset Qualcomm Snapdragon :Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon Mana Pilihan Terbaik

Umumnya agak sulit untuk mencari kekurangan Chipset Samsung Exynos vs Chipset Qualcomm Snapdragon karena keduanya mumpuni terlebih di jajaran smartphone kelas atas.

Seiring perkembangan teknologi Chipset berbagai kekurangan pada masing-masing merek Chipset, Bisa di minimalisir, Berikut beberapa Chipset Samsung Exynos dan Chipset Qualcomm Snapdragon yang kentara.

Itulah perbandingan Chipset Samsung Exynos vs Chipset Qualcomm Snapdragon yang patut kamu tahu. Kedua chipset itu mampu menampilkan performa terbaik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa chipset favoritmu?