Saingi Apple OnePlus Siapkan Smartphone Dengan Harga Terjangkau

Teknologi Handphone – Permintaan konsumen yang terus meningkat membuat OnePlus berencan memperluas pasar ke segme menengah yang lebih terjangkau.Saingi Apple OnePlus Siapkan Smartphone Dengan Harga Terjangkau

Menurut CEO OnePlus Pete Lau pihaknya akan memperkuat basis pasar Eropa dan India dengan smartphone baru yang harganya kompetitif, Lau menyebutkan bahawa OnePlus telah membangun bisnisnya di perangkat unggulan di bawah tagline pemasara, Never Sttler selama enam tahun terakhir.

Meski demikian ia mengatakandengan semakin meningkatnya popularitas OnePlus saat ini, Ada banyak orang yang menginginkan smartphone yang benar-benar solid yang memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dan untuk harga lebih terjangkau.

Saya tahu ii adalah sesuatu yang banyak dari kalian sudah lama inginkan.

Paul Yu, Kepala Pengembangan Ponsel OnePlus, telah ditugasi memimpin peningkatan perangkat yang terjangkau, memimpin “tim staf OnePlus yang muda, kreatif dan antusias dari seluruh dunia”, kata Lau.

Pabrikan bermain pada spekulasi seputar perangkat dengan membuat halaman Instagram yang disebut OnePlusLiteZThing untuk memberikan pembaruan pada kisaran tersebut.

Lau mengatakan fokus smartphone baru nantinya akan menyasar konsumen di Eropa dan India untuk peluncuran awal. Meski demikian, pada waktunya Lau berencana untuk mendorong perangkat tersebut ke Amerika Utara.

Memang dua kawasan itu, OnePlus memiliki pangsa pasar yang sangat baik. Bahkan di India, OnePlus menjadi perangkat nomor satu pada segmen atas (high end) mengalahkan iPhone dan Samsung.

Sejatinya ini bukan kali pertama OnePlus meluncurkan perangkat dengan harga kompetitif. Pada 2015, vendor meluncurkan varian OnePlus X dengan harga awal € 269, yang diluncurkan sebagai perangkat premium dengan label harga terjangkau.

Kesuksesan Apple saat memperkenalkan varian XR yang mendorong peningkatan penjualan, tampaknya membuat OnePlus mengikuti jejak yang sama.

Seperti diketahui, XR menjadi satu dari tiga iPhone yang dirilis oleh Apple pada 2018 dengan harga lebih terjangkau. Tak disangka, produk ini menjadi salah satu varian yang merajai pasar smartphone di tahun berikutnya.

Firma riset pasar Counterpoint Research mencatat iPhone XR menguasai 3% pangsa pasar smartphone dunia pada kuartal-III 2019. Dengan kesuksesan tersebut, iPhone XR berada dalam daftar teratas 10 smartphone paling laris 2019.

Keberhasilan iPhone XR menjadi momentum bagi Apple untuk mempertahankan penjualan yang telah diraih, Terbukti generasi selanjutnya iPhone 11, Mampu menggeser posisi iPhone XR sebagai smartphone terlaris di dunia.

Pada kuartal I-2020. Berdasarkan laporan Omdia pengiriman iPhone 11 tercatat sebesar 19,5 juta selama Januari-Maret 2020.

Lembaga riset itu mengungkapkan pengiriman iPhone 11 mencapai 19,5 juta selama Januari-Maret 2020. Pencapaian itu melampaui iPhone XR yang terkirim 13,6 juta unit di periode yang sama tahun lalu.

Omdia mengatakan bahwa ponsel iPhone besutan Apple memang rutin nangkring di daftar smartphone terlaris mengingat popularitas yang tinggi di kalangan konsumen.
Kesuksesan Apple berasal dari strategi hanya menawarkan sedikit model saja.

Perusahaan ini pun bisa fokus menangani beberapa produk yang mampu menarik minat banyak konsumen dan laku dalam jumlah sangat banyak, ujar direktur riset smartphone Omdia, Jusy Hong.

Untuk iPhone 11 sendiri, selain strategi Apple di atas, harga menarik agaknya menjadi kunci. Banderol smartphone ini dimulai 699 dollar AS (Rp 10,3 juta),

Artinya lebih rendah 50 dollar AS dibanding iPhone XR sebelumnya yang dijual mulai 749 dollar AS (Rp 11,1 juta). Apalagi Secara spesifikasi pun iPhone 11 lebih tinggi dibanding iPhone XR. Jadi wajar saja jika iPhone 11 lebih laris dibanding iPhone XR.