Review ROG Zephyrus G14 Laptop Gaming 14 inci Paling Bertenaga

Teknologi Komputer dan Laptop – Pasar laptop gaming di Indonesia kedatangan perangkat terbaru dari ASUS, ROG Zephyrus G14. Ini adalah laptop gaming dengan layar 14 inci yang ditenagai prosesor powerful di dalamnya.Review ROG Zephyrus G14 Laptop Gaming 14 inci Paling Bertenaga

ASUS kembali menggebrak pasar laptop gaming dengan menghadirkan ROG Zephyrus G14. Tampil dengan layar 14 inci dan bodi yang ringan, ROG Zephyrus G14 diklaim sebagai laptop paling ringkas dan powerful di dunia. Bagaimana ia bisa mendapatkan julukan tersebut? Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 series adalah salah satu jawabannya.

Prosesor dengan code name Renoir ini bukan sekadar produk baru, tetapi hadir dengan arsitektur Zen 2 terkini yang dibangun dari pemrosesan 7nm FinFET. Artinya, Ryzen Mobile 4000 series telah menggunakan transistor yang ukurannya lebih kecil dari prosesor laptop generasi sebelumnya.

Penggunaan transistor yang kecil membuat ROG Zephyrus G14 tampil dengan performa jauh lebih baik serta memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Hal ini pula yang membuat laptop gaming terbaru dari ASUS ini dapat tampil dengan bodi yang sangat ringkas, jauh dari anggapan sebuah laptop gaming tradisional yang besar dan berat.

Bukan hanya untuk gamer :

Review ROG Zephyrus G14 Laptop Gaming 14 inci Paling Bertenaga

Salah satu yang paling membedakan ROG Zephyrus G14 dengan laptop seri ROG Zephyrus lainnya, bahkan dengan laptop gaming lainnya adalah desainnya. Laptop ini tampil dengan desain yang minimalis sekaligus futuristik, membuatnya tidak hanya dapat digunakan sebagai mesin untuk bermain game di dalam rumah.

ROG Zephyrus G14 hadir dalam dua pilihan warna. Moonlight White memiliki tampilan dengan aksen warna putih yang elegan untuk mereka yang ingin terlihat berbeda di manapun. Sementara itu, Eclipse Grey hadir dengan aksen warna gelap yang elegan untuk pengguna yang lebih suka dengan tampilan laptop gaming klasik yang gahar.

ASUS menempatkan logo ROG yang semula berada di tengah-tengah bagian belakang layar ke sudut kiri bawah. Logo tersebut sengaja dihadirkan agar ROG Zephyrus G14 tidak kehilangan identitas sebagai bagian dari keluarga ROG namun tetap mempertahankan desain minimalisnya.

Satu hal yang tak kalah menarik, di bagian belakang layarnya terdapat juga lubang kecil yang disusun dan membagi bagaian belakang layar menjadi dua secara diagonal. Desain minimalis seperti memang belum pernah digunakan di laptop gaming manapun.

Secara ukuran, ROG Zephyrus G14 juga tidak seperti laptop gaminng lainnya. Ia mengusung layar 14 inci yang jarang digunakan di laptop gaming, serta memiliki bobot di bawah 2 kg (1,6 kg lebih tepatnya) yang juga jarang sekali ditemui di sebuah laptop gaming yang memiliki spesifikasi premium.

ROG Zephyrus G14 juga memiliki bodi yang tergolong sangat ringkas bahkan bisa bersaing dengan laptop ultrathin mainstream. Ketebalannya hanya 1,79 cm, dan tampil dengan dimensi 32,4 x 22,4 cm. Artinya, ROG Zephyrus G14 sangat mudah untuk dibawa bepergian bahkan dapat masuk ke dalam sling bag seperti halnya laptop mainstream.

Berkaca dari desain yang diusungnya tersebut, ROG Zephyrus G14 bukan hanya menyasar para gamer tetapi juga mereka yang membutuhkan laptop powerful di kegiatan sehari-harinya. Desain minimalis dan low profile pada ROG Zephyrus G14 tidak hanya membuat penggunanya tetap mobile, tetapi juga pantas digunakan di lingkungan kerja.

Segala fitur terbaik ada di dalamnya :

Review ROG Zephyrus G14 Laptop Gaming 14 inci Paling Bertenaga

Sebagai sebuah laptop gaming premium berlabel Republic of Gamers, ROG Zephyrus G14 tentunya telah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik di kelasnya. Fitur yang diusung pun tidak hanya berfokus pada gaming, tetapi juga produktivitas sehari-hari.

ROG Zephyrus G14 hadir dengan layar berukuran 14 inci yang didesain untuk kebutuhan gaming. Untuk itulah panelnya mampu menghadirkan refresh rate hingga 120Hz. Tampilan animasi di dalam game pun akan semakin halus karena layar ROG Zephyrus G14 dapat menampilkan framerate yang tinggi.

Kemampuan menampilkan framerate tinggi sangat penting bagi gamer, terutama mereka yang gemar bermain game action. Hal tersebut dikarenakan framerate tinggi akan membuat setiap aksi ditampilkan lebih baik, membuat gamer dapat bereaksi lebih cepat.

Bagi kalian yang berkecimpung dalam konten kreator dan lebih mementingkan resolusi layar, ASUS juga menyediakan varian ROG Zephyrus G14 dengan layar beresolusi WQHD. Berbeda dengan gamer, para konten kreator biasanya lebih mementingkan layar beresolusi tinggi untuk mengolah banyak konten secara optimal.

Baik varian yang memiliki refresh rate tinggi maupun resolusi tinggi, layar ROG Zephyrus G14 telah dikalibrasi untuk menghasilkan warna yang lebih akurat. Oleh karena itu, laptop gaming ini juga sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

ROG Zephyrus G14 juga sudah dilengkapi dengan dua port USB Type-C yang salah satunya mendukung fitur Power Delivery. Artinya, pengguna bisa mengisi ulang daya baterai laptop gaming ini memakai adapter charger berdaya hingga 65W, yang ukurannya dipastikan lebih kecil dari adapter charger 180W bawaan laptop ini.

Perlu diperhatikan bahwa performa maksimal ROG Zephyrus G14 hanya dapat dihadirkan jika dihubungkan dengan adapter charger 180W. Selain dapat mengisi daya, port USB Type-C yang ada di ROG Zephyrus G14 juga mendukung display output. Ditambah port HDMI 2.0b, laptop ini dapat terhubung dengan dua monitor beresolusi 4K sekaligus.

Tak ketinggalan, ASUS juga telah menyisipkan modul WiFi 6 (Gig+) terbaru ke dalam ROG Zephyrus G14. WiFi 6 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dari WiFi 5 (802.11ac), yaitu hingga 2,4 Gbps. WiFi 6 juga memastikan ROG Zephyrus G14 tetap dapat terkoneksi dengan kualitas sinyal dan kecepatan terbaik di kelasnya.

Fitur terbaik lainnya adalah kehadiran pembaca sidik jari di tombol Power. ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming pertama yang hadir dengan fitur tersebut. Tidak hanya itu, ROG Zephyrus G14 juga merupakan laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan teknologi SSO Power Button (Single Sign On).

Punya keyboard khusus dan sistem pendingin canggih :Review ROG Zephyrus G14 Laptop Gaming 14 inci Paling Bertenaga

Meski ukuran bodinya kecil, ROG Zephyrus G14 tetap dilengkapi dengan keyboard yang memiliki ukuran sama seperti keyboard pada seri laptop ROG lainnya. Setiap tombol pada keyboard di ROG Zephyrus G14 memiliki jarak serta travel distance yang dirancang khusus baik untuk bermain game maupun bekerja.

Fitur gaming-nya pun tidak dihilangkan. Teknologi N-Key Rollover kembali hadir di ROG Zephyrus G14 membuat setiap input akan diterjemahkan dengan sangat akurat. Selain itu, keyboard ROG Zephyrus G14 memiliki layout yang sama seperti keyboard PC desktop sehingga mempermudah gamer ketika beraksi di dalam game.

Semenara, agar performanya tetap stabil, ROG Zephyrus G14 telah dibekali dengan sistem pendingin khusus yang berbeda dari laptop gaming sekelasnya. Selain menjaga agar performa tetap stabil, sistem pendingin khusus di ROG Zephyrus G14 merupakan kunci bagaimana laptop gaming ini mampu hadir dengan performa yang tinggi.

Sistem pendingin ROG Zephyrus G14 terdiri dari beberapa fitur, salah satunya adalah ErgoLift Hinge. Fitur premium yang sudah digunakan di berbagai laptop ASUS tersebut memungkinkan bodi utama ROG Zephyrus G14 menjadi terangkat ketika layarnya dibuka atau sedang digunakan.

Tidak hanya ErgoLift Hinge, ROG Zephyrus G14 juga dilengkapi dengan modul pendingin khusus. Pada bagian heatsink, ROG Zephyrus G14 memiliki fin heatsink yang lebih tipis. Hal tersebut memungkinkan jumlah fin yang dipasang lebih banyak dan total luas permukaan untuk menyebarkan panas menjadi lebih luas.

Ditambah dengan kipas yang memiliki jumlah fan blade lebih banyak dari kebanyakan laptop lainnya, ROG Zephyrus G14 tidak hanya memiliki sirkulasi udara yang terjamin tetapi juga performa pendinginan lebih baik secara keseluruhan.

Pengguna ROG Zephyrus G14 juga dapat mengatur bagaimana sistem pendingin di laptop gaming ini bekerja. Melalui aplikasi Armoury Crate, pengguna ROG Zephyrus G14 dapat memilih profil skenario penggunaan yang telah disediakan atau mengatur semuanya secara manual.

AniMe Matrix yang unik :

Keunggulan dan keunikan utama dari ROG Zephyrus G14 terletak di fitur AniMe Matrix. Fitur tersebut terdiri dari 1.215 mini LED yang dapat menampilkan animasi, teks, dan berbagai efek menarik di bagian belakang layar ROG Zephyrus G14. Tentu saja pengguna ROG Zephyrus G14 dapat mengatur dan melakukan kustomisasi untuk fitur ini.

AniMe Matrix tidak hanya dapat menampilkan teks, atau tampilan yang telah tersedia seperti notifikasi baterai atau mode equalizer yang akan singkron dengan audio. Pengguna ROG Zephyrus G14 juga bisa memasukkan gambar atau animasi sehingga tampilannya dapat bervariasi.

Laptop gaming 14 inci paling kencang :Review ROG Zephyrus G14 Laptop Gaming 14 inci Paling Bertenaga

ROG Zephyrus G14 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 4000 Mobile Series yang telah menggunakan arsitektur “Zen 2” terbaru dan mengusung metode fabrikasi 7nm. Prosesor seri terbaru tersebut tidak hanya hadir dengan arsitektur dan fitur baru, tetapi juga menawarkan jumlah core dan thread yang lebih banyak.

Berkat prosesor hingga Ryzen 9 4900HS, ROG Zephyrus G14 merupakan laptop 14 inci ultra tipis pertama yang mampu hadir dengan konfigurasi prosesor hingga 8 core dan 16 thread. Dari sisi grafis, ROG Zephyrus G14 mengusung chip grafis hingga NVIDIA RTX 2060.

ROG Zephyrus G14 juga mendukung kapasitas RAM hingga 24 GB berjenis DDR4 dengan kecepatan 3200MHz, lebih kencang dari sebagian besar laptop gaming yang ada saat ini. Untuk penyimpanannya, ROG Zephyrus G14 mengandalkan M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas hingga 1 TB.

Berikut adalah hasil pengujian ROG Zephyrus G14 yang menggunakan Ryzen 9 4900HS, GeForce RTX 2060, 16GB RAM, dan 1TB SSD.