Pakai Ban Bekas Rahasia Valentino Rossi Podium Saat GP Andalusia

Teknologi Motor Teknologi Otomotif – Seri kedua ajang MotoGP telah berlangsung di Andalucia pada akhir pekan kemarin.Pakai Ban Bekas Rahasia Valentino Rossi Podium Saat GP Andalusia

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez ini dimenangi oleh trio pebalap Yamaha Bahkan balapan kemarin menjadi ajang comeback Valentino Rossi yang berhasil naik podium.

Cemerlangnya pebalap gaek tersebut tak lepas dari start di posisi keempat. Setelah sempat turun posisi selama race.

Rossi berhasil finish di posisi ketiga. Rahasia mengapa Valentino Rossi bisa start di posisi depan dan naik podium ternyata karena pakai ban bekas selama sesi latihan dan kualifikasi.

Tim mekanik Yamaha Monster Energy menghadapi kesulitan pasca balapan perdana MotoGP, Rossi gagal finish dan menghadapi masalah ban belakang yang overheat.

Pada sesi latihan yang berlangsung Jumat pekan lalu, Valentino Rossi menemukan sedikit pencerahan dengan permasalahan pada bannya.

Dikutip dari Crash, Rossi mencoba beberapa ide baru dengan menggunakan ban bekas ia tidak mengganti ban motor saat Free Practice 2 dengan kombinasi Soft-Medium untuk roda belakang.

Kami terus berusaha dan mencoba memakai ban bekas siang itu, Saya pikir kondisi trek pada saat balapan di akhir pekan cukup baik sehingga opsi memakai ban soft atau medium sangat terbuka ucap The Doctor.

Pemilihan ban bekas ini menyusul ubahan setting di motor dengan nomor 46 yang lebih baik di trek lurus Tim mekanik Yamaha Monster Energy berusaha bangkit setelah di balapan sebelumnya Rossi gagal finish.

Untuk Rossi kami menyiapkan set-up berbeda untuk trek lurus yang langsung ia sukai dan itu mengembalikan rasa balapnya yang hilang pada akhir pekan lalu.

Dengan ini, dia bisa mengendarai motornya dengan cara yang lebih nyaman baginya ujar Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Yamaha Monster Energy.

Ban Bekas Mudahkan Valentino Rossi Naik Podium :Pakai Ban Bekas Rahasia Valentino Rossi Podium Saat GP Andalusia

Kemajuan itu memang langsung terlihat dari hasil latihan bebas pertama. Valentino Rossi meraih catatan waktu tercepat kedua dari rekan setimnya yakni Maverick Vinales. Namun tes yang paling penting datang pada latihan bebas kedua nanti.

Ban bekas seolah membawa berkah bagi mantan pebalap Honda dan Ducati tersebut. Ia pun berhasil memulai balapan MotoGP seri kedua dari posisi keempat dan naik podium di posisi ketiga.

Bagi saya secara pribadi, saya memiliki perasaan yang baik hari ini karena kami mengubah pengaturan di motor dan saya merasa lebih nyaman. Saya bisa mengendarai lebih baik dan cepat pada catatan waktu. Bagaimanapun juga kami lebih kuat dari minggu lalu, beber Rossi.