Mengenal Tehnologi P-TEC & DVVT pada Mesin Wuling Confero

Teknologi Otomotif – Mempunyai mobil tentu juga harus mengetahui tehnologi apa yang terbenam di dalam jantung pacu mobil kita.Mengenal Tehnologi P-TEC & DVVT pada Mesin Wuling Confero

Minimal mengetahui jenis mesin yang digunakan di mobilnya tersebut. Dan untuk kali ini kita akan membahas mengenai Mesin dan tehnologi dari Wuling Confero yang sekarang masih booming mengguncang pasaran sikembar Xenia Avanza, Mobilio, Grand livina dan Suzuki Ertiga karena harganya yang dibawah harga MPV lainnya.

Menggunakan mesin 1500 cc, mobil ini menggunakan penggerak belakang dan menjadi saingan satu-satunya dari mpv sikembar Xenia avanza yang mempunya jenis penggerak belakang juga.Mengenal Tehnologi P-TEC & DVVT pada Mesin Wuling Confero

Spesifikasi Wuling Confero S – L Type :

* Type Mesin : 4 Silinder 1.5 L DOHC DVVT
* Max Power : 107 Ps/ 5.800 RPM
* Max Torque : 142/ 3.800-4.400RPM

Tehnologi P-Tec pada mobil Wuling Confero

Kembali ke judul kita semua untuk mengetahui apa sih tehnologi dari P-TEC (baca pitik, hahaha) dan DVVT pada mesin Wuling Confero ini. Jika saya ambil dari beberapa sumber, penjelasan dari P-Tec dan DVVT ini adalah :

P-TEC (Power Train Electric Control)

Adalah suatu system modul ECU (Electric Control Unit) yang dikembangkan dan digunakan secara global pada seluruh MobilĀ² General Motors sejak 1992 dan hingga saat ini pengembangan nya sudah mencapai generasi ke III atau S-TEC III

(digunakan Wuling Confero) Cara kerja nya meneruskan power dari engine sampai ke penggerak akhir.

Keuntungannya yaitu:

Lebih halus dalam memindahkan power, ratio gears yang sangat besar, dan gear kecil kemungkinan terjadi kerusakan karena gear bertautan secara terus menerus sehingga kekuatan gears dibagi rata dan seimbang.

DVVT (Dual Variable Valve Timing)

mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi pengemudian yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan menurunkan tingkat emisi bahan bakar serendah mungkin.

Itulah sebabnya kendaraan bermesin teknologi VVT-i sanggup menghasilkan tenaga yang besar sekalipun kapasitas cc slinder mesin kecil.

Adopsi teknologi VVT-i ke mesin mobil juga memberikan kelebihan minimnya biaya pemeliharaan yang harus ditanggung, Sebab tune-up seperti setel klep dan lain sebagainya tidak diperlukan lagi.

Jadi dengan kedua system tersebut bekerja di mesin Wuling Confero, maka mesin tidak mudah rusak, tenaga besar, biaya pemeliharaan murah, konsumsi BBM lebih efisien dan ramah lingkungan.