Komputer Kuantum Teknologi Komputer Masa Depan

Teknologi Komputer dan Laptop – Perkembangan teknologi selalu dinantikan setiap penggunanya mulai dari ponsel elektronik sampai dengan komputer.Komputer Kuantum Teknologi Komputer Masa Depan

Penggunaan software atau perangkat lunak akan selalu berbanding lurus dengan perangkat kerasnya, Komputer Kuantum merupakan salah satu teknologi komputer tercanggih di masa depan.

Kabarnya komputer ini akan digunakan oleh NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) dan digunakan pula oleh Google NASA, Kelebihan komputer kuantum membolehkan penggunaan sistem 0 dan 1 ini dengan serentak dalam memori yang dikenali sebagai qubit (Quantum Bit).

Komputer kuantum juga menggunakan partikel yang boleh berada dalam dua keadaan sekaligus Akses kecepatan 3600 lebih cepat dari komputer konvensional Komputer kuantum ini bisa menyelesaikan masalah matematika hanya dengan sepersekian detik karena memang di dalam nya tertanam Processor D-Wave Two.

Sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.

Ide mengenai komputer kuantum ini berasal dari beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennett dari IBM, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, David Deutsch dari University of Oxford, dan Richard P. Feynman dari California Institute of Technology (Caltech).

Pada awalnya Feynman mengemukakan idenya mengenai sistem kuantum yang juga dapat melakukan proses penghitungan. Fenyman juga mengemukakan bahwa sistem ini bisa menjadi simulator bagi percobaan fisika kuantum.

Selanjutnya para ilmuwan mulai melakukan riset mengenai sistem kuantum tersebut, mereka juga berusaha untuk menemukan logika yang sesuai dengan sistem tersebut. Sampai saat ini telah dikemukaan dua algoritme baru yang bisa digunakan dalam sistem kuantum yaitu algoritme shor dan algoritme grover.

Berpacu Dalam Menyempurnakan Teknologi Komputer Kuantum, Ada dua diantara banyaknya perusahaan besar yang saling pacu tersebut tidak lain adalah IBM dan Google. IBM (International Business Machines Corporation) dan Google saat ini sedang berlomba untuk menciptakan komputer kuantum yang benar-benar akan bermanfaat untuk banyak orang.

Banyak yang berpendapat bahwa komputer ini memiliki kemampuan yang sangat berbeda dengan komputer yang anda punya, atau yang sering anda temukan di sekitar anda. Dan pastinya ini akan jauh lebih baik untuk digunakan di masa depan.