Habis TikTok India Bakal Larang PUBG Mobile dan 275 Aplikasi China Lain

Teknologi Media – Dendam India ke China belum berakhir Setelah memboikot 59 aplikasi China kini India mungkin juga akan larang PUBG Mobile dan 275 aplikasi Cina lainnya.Habis TikTok India Bakal Larang PUBG Mobile dan 275 Aplikasi China Lain

Beberapa bulan lalu terjadi kisruh antara India dan China kisruh ini tidak hanya memakan korban jiwa namun juga berdampak pada memburuknya hubungan antara India dan China.

Akhirnya Juni lalu India mengumumkan kalau mereka telah melarang 59 aplikasi buatan Cina. Beberapa di antaranya adalah aplikasi populer seperti TikTok dan Mobile Legends.

Kini India telah melarang 47 aplikasi kloningan dari China, Sementara kabarnya India juga akan larang PUBG Mobile dan 275 aplikasi Cina lainnya.

India Bakal Larang PUBG Mobile dan 275 Aplikasi Cina Lain :Habis TikTok India Bakal Larang PUBG Mobile dan 275 Aplikasi China Lain

Kalau dipikir-pikir, India terlihat sangat sensitif dengan berbagai hal yang berbau China ya, Setelah memboikot 59 aplikasi China sekarang India giliran memboikot aplikasi mirip seperti yang diboikot sebelumnya.

Pemerintah India kembali memboikot 47 aplikasi yang berhubungan dengan China ke-47 aplikasi ini adalah kloningan dari yang diblokir sebelumnya beberapa diantaranya adalah TikTok Lite, Helo Lite, ShareIt Lite, Bigo Lite dan VFY Lite.

Sementara menurut situs Economics Times, Pemerintah India kini telah Menyusun daftar baru. Daftar ini berisi lebih dari 275 aplikasi yang punya hubungan dengan Cina.

Beberapa aplikasi yang ada di daftar terbaru ini diantaranya :

1. PUBGM yang didukung Tencent.
2. Tencent ‘s Ludo World dan aplikasi lainnya.
3. Zili dan tiga belas aplikasi lainnya oleh Xiaomi.
4. AliExpress oleh Alibaba.
5. Resso, Ulike, Capcut oleh ByteDance (pemilik TikTok).
6. Game dari Supercell yang berbasis di Helsinki (yang memiliki investasi China).

Aplikasi dari :

1. Meitu
2. LBE Tech
3. Sina Corp
4. Sina
5. Netease Games
6. Yoozoo Global.

Sesuai laporan, 275 aplikasi di daftar tersebut kini tengah ditinjau oleh pemerintah India. Beberapa diantaranya ada yang terbukti melanggar keamanan nasional dan privasi pengguna.

Sementara untuk kasus PUBG Mobile belum ada kejelasan apakah game ini bakal diboikot atau tidak bisa jadi diboikot bisa jadi tidak, Karena saat ini PUBG Mobile masih diteliti oleh Pemerintah India.

Sama seperti TikTok, PUBG Mobile punya basis pemain yang sangat besar di India Bahkan game ini sudah diinstal 175 juta kali.

Menariknya, India adalah pasar terbesar PUBG secara global, Terhitung 24% dari total unduhan, Data ini diungkapkan oleh situs Sensor Tower.

Kalau misalnya PUBG Mobile jadi diboikot, jelas itu akan menjadi pukulan telak untuk pengembangnya, Karena mereka akan kehilangan sumber pendapatan terbesar.