Apple Hapus 4.500 Aplikasi Game App Store di Tiongkok

Teknologi Media – Apple menghapus ribuan aplikasi game App Store di Tiongkok Penghapusan ribuan game ini.Apple Hapus 4.500 Aplikasi Game App Store di Tiongkok

Kabarnya didesak regulasi baru yang mempersyaratkan para pengembang game untuk mendapatkan persetujuan dari regulator Tiongkok, Sebelum meng-uploadnya ke App Store Tiongkok.

Secara keseluruhan,sebanyak 4.500 Aplikasi game yang dihapus itu, 1.500 dihapus pada 1 Juli, kemudian 1.805 dihapus pada 2 Juli, dan sebanyak 1.276 aplikasi dihapus pada 3 Juli Dan diperkirakan akan ada lebih dari 20.000 aplikasi yang terdampak kebijakan baru Tiongkok ini.

Dilaporkan Bussines Insider, Todd Kuhns, Manager Pemasan App Store di Tiongkok mengatakan penghapusan massal ini adalah yang terbesar di sejarah App Store, Sebelumnya pada minggu lalu lebih dari 3.000 game telah dihapus dari App Store Tiongkok hanya dalam waktu 2 hari.

Sejak Apple mengikuti regulasi baru ini per 1 Jul, dkatakan Kuhns game turun tiap harinya di App Store Tiongkok pasalnya Tiongkok hanya menyetujui sekitar 1.500 lisensi game setahun dan prosesnya butuh waktu 6-12 bulan, sebagian aplikasi akan menunggu lama sebelum diizinkan.

Apple pun harus mengikuti aturan itu dikarenakan App Store sendiri menghasilkan pendapatan paling besar di Tiongkok ketimbang pasar lainnya, Hal ini disokong oleh penerimaan dari aplikasi game-nya Menurut data Sensot Tower penjualan aplikasi di App Store mencapai USD 16,4 miliar dalam satu tahun.

Sementara di Amerika Serikat penjualan dari App Store justru lebih sedikit yakni USD 15,4 miliar dalam 1 tahun.