Sisihkan Huawei Inggris Berpaling Ke NEC dan Samsung

Teknologi – Pemerintah Inggris mengadakan pembicaraan dengan raksasa elektronik NEC tentang upaya penyediaan peralatan 5G untuk jaringan selular.

Sisihkan Huawei Inggris Berpaling Ke NEC dan Samsung

Sebagai bagian dari dorongan yang lebih luas demi mengurangi ketergantungan mereka terhadap teknologi China, Sesuai laporan Bloomberg, NEC telah mengadakan pembicaraan dengan pejabat Inggris pada bulan lalu. Begitu pun dengan Samsung Electronics, Inggris memberi kesempatan kepada chaebol Korea untuk berpartisipasi dalam pembangunan jaringan 5G.

Pembicaraan dengan NEC berpusat pada memperkenalkan teknologi perusahaan Jepang itu ke pasar Inggris. Dimulai dengan program percobaan yang dijuluki 5G Create, Samsung yang saat ini belum memiliki infrastruktur 5G di Inggris, akan diundang untuk pembicaraan yang bersifat segera tambah Bloomberg.

Kementerian Digital, Budaya, Media, dan Olahraga Inggris telah disokong dana 200 juta poundsterling untuk mengerjakan program percobaan 5G untuk mengembangkan infrastruktur selular.

Langkah Inggris untuk mendiversifikasi pemasoknya, tak lepas dari kebijakan untuk menggeser posisi Huawei. Padahal sebelumnya, pada Januari lalu, Perdana Menteri Boris Johnson mengizinkan vendor China itu untuk memasok teknologi 5G secara terbatas, pada bagian jaringan yang tidak sensitif.

Namun, keputusan tersebut menyebabkan Johnson bersitegang dengan sejumlah faksi di dalam partainya sendiri, serta dari AS, yang tegas melarang vendor China terlibat pada jaringan 5G dengan alasan keamanan.

Tak hanya rencana mengganti vendor lain, Inggris juga memutus akses Huawei ke komponen yang diproduksi di luar negeri menggunakan perangkat lunak dan teknologi dalam negeri.

Pemerintah Inggris bulan lalu mengungkapkan pihaknya sedang meninjau posisi Huawei sehubungan dengan sanksi AS yang diperketat.

Bloomberg mengatakan, PM Boris Johnson sedang mencari cara untuk menghapus Huawei di jaringan Inggris pada 2023, sambil berupaya mengeksplorasi berbagai pemasok alternatif untuk mendiversifikasi rantai pasokan.

Dalam minggu terakhir, pemerintah Inggris dan Senator Republik AS Tom Cotton telah mengemukakan gagasan untuk membangun koalisi dengan negara-negara sekutu untuk mengembangkan peralatan 5G sebagai alternatif dari teknologi Cina.

Membalas pengawasan baru dari pemerintah Inggris yang lebih ketat, Huawei tegas menyatakan tidak ada bukti bahwa bisnis yang mereka jalankan merupakan ancaman bagi keamanan, sambil menambahkan bahwa pihaknya siap berkompetisi di pasar.